Salin Artikel

ISIS Rilis Video Penyergapan Pasukan Khusus AS di Niger

Video yang dirilis pada Minggu (4/3/2018) itu memperlihatkan para anggota ISIS menyerang konvoi tentara AS dengan menggunakan senapan mesin dan pelontar granat.

Pada Oktober tahun lalu, keempat anggota pasukan khusus AS yaitu Sersan Bryan Black, Sersan Jeremiah Johnson, Sersan Dustin Wright, dan Sersan La David Johnson tewas saat bertugas di negeri Afrika itu.

Detik-detik penyerangan itu terekam lewat kamera video yang dipasang pada helm para tentara tersebut, tetapi sudah melalui pengeditan.

Pasukan AS saat itu dikabarkan sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah operasi di dekat perbatasan Niger-Mali saat mereka disergap.

Dalam video itu terlihat para prajurit AS terjepit tembakan senapan mesin dari berbagai arah sehingga membuat mereka hanya bisa berlindung di balik mobil Land Cruiser.

Para tentara itu terlihat berlari untuk mencari tempat perlindungan saat seorang yang diyakini sebagai Sersan Johnson terjatuh.

Genangan darah terlihat di tanah tempat tubuh Sersan Johnson tersungkur.

Namun, video yang disebarkan lewat aplikasi pesan singkat yang biasa digunakan ISIS untuk melakukan propaganda belum terverifikasi.

Serangan tersebut memicu perdebatan terkait peran pasukan AS di Niger yang dikirimkan untuk membantu operasi kontra-terorisme yang dilakukan negeri itu.

Hal ini kemudian berkembang ketika janda Sersan Johnson mengatakan Presiden Donald Trump memberikan komentar yang tak sewajarnya saat mengucapkan bela sungkawa lewat telepon.

Myeshia Johnson mengatakan, Presiden Trump saat itu mengatakan kepadanya bahwa sang suami "sudah tahu risikonya".

Presiden Trump membantah tuduhan itu meski pernyataan Myeshia didukung ibu kandung Sersan Johnson dan anggota Kongres dari Partai Demokrat Frederica Wilson.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/06/17203461/isis-rilis-video-penyergapan-pasukan-khusus-as-di-niger

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke