Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah: Michelangelo Lahir

Anak pegawai pemerintah itu kemudian tumbuh besar di kota Florence, pusat awal gerakan Renaissans lalu menjalani magang dengan seorang seniman dalam usia 13 tahun.

Bakat seninya yang luar biasa membuat pemimpian Republik Florence, Lorenzo de Medici tertarik dan membawa Michelangelo di bawah naungannya.

Selama dua tahun sejak 1490, Michelangelo tinggal di Istana Medici dan berguru para pematung Bertoldo di Giovanni.

Di bawah asuhan sang maestro, Michelangelo mempelajari semua koleksi seni keluarga Medici yang termasuk koleksi patung-patung zaman Romawi.

Setelah keluarga Medici digulingkan pada 1494, Michelangelo pergi ke Bologna dan Roma di mana dia melakukan sejumlah pekerjaan.

Salah satu pekerjaan terpentingnya adalah Pieta (1498), sebuah patung yang menggambarkan Bunda Maria memangku jenazah Yesus.

Dengan kemampuannya yang luar biasa, Michelangelo menciptakan dua patung yang amat imbang dari satu balok batu marmer.

Kesuksesan Pieta membawa Michelangelo ke pekerjaan berikutnya yaitu membuat patung Daud untuk Katedral Florence.

Patung setinggi sekitar lima meter itu  mendemonstrasikan besarnya pengetahuan Michelangelo terkait anatomi tubuh manusia.

Patung itu menggambarkan Daud tengah mendekati musuh bebuyutannya Goliat. Karya yang selesai pada 1504 semakin memperkukuh reputasi Michelangelo sebagai seniman.

Di tahun yang sama, Michelangelo setuju untuk membuat mural di balai kota Florence bersama Leonardo da Vinci, seniman besar lainnya yang juga amat memengaruhi Michelangelo.

Namun, pekerjaan itu ditinggalkan saat Michelangelo diminta mengerjakan makam Paus Julius II di Basilika St Petrus di Vatikan.

Seharusnya ada 40 patung untuk menghiasi makam tersebut, tetapi Paus kemudian kehabisan dana dan Michelangelo meninggalkan proyek tersebut.

Pada 1508, Michelangelo kembali dipanggik ke Vatikan kali ini untuk mengecat langit-langit Kapel Sistine.

Michelangelo membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menyelesaikan karya besarnya itu karena menampilkan sejumlah tokoh dalam sembilan panel yang mengisahkan penciptaan dunia menurut Kitab Suci.

Lukisan paling terkenal adalah Penciptaan Adam, yang menggambarkan lengan Adam yang hendak menjangkai tangan Tuhan.

Pada 1512, Michelangelo menyelesaikan proyek Kapel Sistine dan kembali mengerjakan makam Paus Julius II. Akhirnya dia hanya bisa menyelesaikan tiga pating untuk makam tersebut.

Patung-patung itu kemudian diletakkan di gereja San Pietro di kota Vincoli.

Dari ketiga patung itu yang paling ternama adalah patung Musa (1513-1515), sebuah patung raksasa terbuat dari marmer yang dianggap tak mungkin ditiru seniman lain.

Setelah sukses melakukan revolusi seni lukis dan patung Eropa, Michelangelo banting setir ke arsitektur hingga akhir hayatnya.

Karya arsitektural pertamanya adalah Kapel Medisi di Gereja San Lorenzo, Florence. Kapel ini dibangun untuk lokasi makam dua pewaris keluarga Medici yang baru meninggal dunia.

Dia membangun kapel itu hingga 1534 yang menampilkan banyak fitur arsitektural inovatif yang meletakkan dasar model arsitektur klasik.

Perpustakaan Laurentian, bangunan tambahan di gereja yang sama, amat dikenal ruang tangganya yang disebut ricetto, yang dianggap sebagai contoh pertama gaya arsitektural mannerisme.

pada 1534, sekali lagi Michelangelo meninggalkan Florence dan pergi ke Roma tempat dia tinggal dan bekerja hingga akhir hayatnya.

Di tahun yang sama, Michelangelo mengerjakan lukisan berjudul "Penghakiman Terakhir" di tembok yang berada di atas altar Kapel Sistine untuk Paus Paulus II.

Lukisan raksasa itu menggambarkan Yesus mengutuk para pendosa dan memberi berkat kepada mereka yang hidup sesuai dengan ajaran Tuhan.

Selama tiga dekade terakhir masa hidupnya, Michelangelo mengerahkan seluruh bakatnya untuk menciptakan  berbagai monumen dan bangunan di Roma.

Saat itu, Paus dan para pemimpin kota Roma bertekad untuk mengembalikan kejayaan masa lalu kota tersebut.

Dua bangunan ternama di Roma, Lapangan Capitoline dan kubah St Petrus dirancang Michelangelo tetapi tak bisa diselesaikan di masa hidupnya.

Michelangelo terus bekerja hingga dia meninggal dunia pada 1564 dalam usia 88 tahun.

Selain melukis, merancang bangunan, dan membuat patung, Michelangelo juga membuat sekitar 300 puisi yang semakin mengukuhkan namanya sbeagai salah satu seniman terbesar Eropa.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/06/13163981/hari-ini-dalam-sejarah-michelangelo-lahir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke