Salin Artikel

Upaya Pencarian MH370 Dijadwalkan Berakhir Pertengahan Juni

Pernyataan tersebut disampaikan otoritas Malaysia dalam peringatan empat tahun hilangnya pesawat MH370 pada Sabtu (3/3/2018).

Kepala Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman mengatakan, pencarian yang dimulai kembali setelah sempat dihentikan pada Januari tahun lalu itu, dijadwalkan berlangsung maksimal selama 90 hari.

Namun lama pencarian kemungkinan bisa bertambah beberapa pekan karena kapal dan tim pencari harus sesekali berlabuh untuk mengisi bahan bakar. Sehingga diperkirakan pencarian akan berlangsung sampai pertengahan bulan Juni mendatang.

"Semoga dalam pencarian kali ini kita bisa mengetahui lokasi MH370," kata Azharuddin di hadapan keluarga penumpang pesawat yang hilang, dilansir AFP.

Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines MH370 yang membawa 239 penumpang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China tersebut hilang pada 8 Maret 2014.

Upaya pencarian telah dilakukan di area seluas 120.000 kilometer persegi, yang tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah penerbangan.

Namun tidak ada tanda-tanda ditemukannya pesawat membuat upaya pencarian sempat dihentikan pada Januari 2017. Keputusan penghentian pencarian menimbulkan kekecewaan dari para keluarga korban.

Pencarian kembali dilakukan setelah sebuah perusahaan eksplorasi AS, Ocean Infinity mengajukan penawaran dengan perjanjian "no find, no fee", yang berarti hanya akan menuntut pembayaran jika proses pencarian membuahkan hasil.

Sebuah kapal eksplorasi bawah laut yang dilengkapi kapal selam nirawak berteknologi tinggi diberangkatkan pada Januari lalu, menuju wilayah di utara area pencarian sebelumnya.

Hingga akhir Februari, upaya pencarian tahap kedua ini telah menjelajahi area sekitar 8.200 kilometer persegi, yang diduga kuat menjadi lokasi hilangnya pesawat. Namun tetap belum ada tanda-tanda terbaru.

Meski demikian pihak keluarga menaruh harapan pada upaya pencarian kali ini. Istri dari salah satu penumpang MH370, Jacquita Gonzales mengaku bersyukur saat mengetahui pemerintah Malaysia kembali melanjutkan upaya pencarian.

"Mereka (pemerintah) belum kehilangan keyakinan dan harapan, maka dari itu kami juga akan tidak akan menyerah," ujarnya dalam peringatan empat tahun musibah hilangnya MH370.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/04/13103591/upaya-pencarian-mh370-dijadwalkan-berakhir-pertengahan-juni

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke