Salin Artikel

Pertama Sejak 1975, Kapal Induk AS Akan Kunjungi Vietnam

Kapal induk USS Carl Vinson akan menjadi kapal perang AS pertama yang berkunjung ke Vietnam usai perang berakhir pada 1975.

Sebenarnya, kunjungan USS Carl Vinson ini merupakan bagian dari latihan respon bencana multinasional di kawasan Indo-Pasifik.

Namun, kehadiran kapal induk ini banyak dianggap sebagai upaya untuk melawan pengaruh militer China di perairan Asia, khususnya di Laut China Selatan.

Vietnam, yang berbatasan langsung dengan China, sudah lama menentang upaya negeri itu memperluas pengaruhnya termasuk klaim wilayah di Laut China Selatan.

Upaya China ini juga sekaligus menantang supremasi Amerika Serikat di wilayah barat Pasifik, sehingga memicu Washington untuk berusaha memperkuat hubungan militer dengan beberapa negara Asia.

Kapal induk AS sebenarnya merupakan pemandangan biasa di perairan Vietnam pada 1960-an sampai 1970-an, khususnya selama masa perang.

Hubungan diplomatik kedua negara sudah dinormalisasi pada 1995 dan Washington mencabut embargo penjualan senjata ke Vietnam pada 2016.

Kabar rencana kunjungan USS Carl Vinson itu muncul di saat pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan kapal-kapal perangnya ke selatan Pulau Okinawa demi mengimbangi kekuatan militer China yang terus meningkat.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/01/15063951/pertama-sejak-1975-kapal-induk-as-akan-kunjungi-vietnam

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.