Salin Artikel

Pertama Sejak 1975, Kapal Induk AS Akan Kunjungi Vietnam

Kapal induk USS Carl Vinson akan menjadi kapal perang AS pertama yang berkunjung ke Vietnam usai perang berakhir pada 1975.

Sebenarnya, kunjungan USS Carl Vinson ini merupakan bagian dari latihan respon bencana multinasional di kawasan Indo-Pasifik.

Namun, kehadiran kapal induk ini banyak dianggap sebagai upaya untuk melawan pengaruh militer China di perairan Asia, khususnya di Laut China Selatan.

Vietnam, yang berbatasan langsung dengan China, sudah lama menentang upaya negeri itu memperluas pengaruhnya termasuk klaim wilayah di Laut China Selatan.

Upaya China ini juga sekaligus menantang supremasi Amerika Serikat di wilayah barat Pasifik, sehingga memicu Washington untuk berusaha memperkuat hubungan militer dengan beberapa negara Asia.

Kapal induk AS sebenarnya merupakan pemandangan biasa di perairan Vietnam pada 1960-an sampai 1970-an, khususnya selama masa perang.

Hubungan diplomatik kedua negara sudah dinormalisasi pada 1995 dan Washington mencabut embargo penjualan senjata ke Vietnam pada 2016.

Kabar rencana kunjungan USS Carl Vinson itu muncul di saat pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan kapal-kapal perangnya ke selatan Pulau Okinawa demi mengimbangi kekuatan militer China yang terus meningkat.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/01/15063951/pertama-sejak-1975-kapal-induk-as-akan-kunjungi-vietnam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke