Salin Artikel

Pemungutan Suara Awal Pemilihan Presiden Rusia Dimulai

Tahap pemungutan suara awal dikhususkan bagi warga Rusia yang kemungkinan tidak dapat memberikan suaranya saat Pemililihan Presiden yang dijadwalkan digelar pada 18 Maret 2018 mendatang.

Dilansir dari Russian Time, Undang-undang Rusia tentang Pemilihan Presiden mengarahkan digelarnya pemilihan awal secepat-cepatnya 20 hari sebelum tanggal ditetapkannya poling.

Hal tersebut dimaksudkan agar memungkinkan bagi warga negara yang sedang dalam pelayaran, ekspedisi jangka panjang, penelitian di stasiun kutub, juga warga yang ada di wilayah terpencil, untuk tetap memberikan suara mereka.

Warga negara Rusia yang berada di luar negeri juga diizinkan memilih lebih awal, namun tidak lebih awal dari 15 hari sebelum tanggal poling.

Komisi Pemilu Pusat Rusia melaporkan, tahap pemilihan awal untuk warga negara Rusia diadakan di 17 stasiun pemungutan suara di 11 negara asing. Selain itu, kelompok warga tertentu diperbolehkan untuk memilih di 140 stasiun di 74 negara.

Pada Pemilu sebelumnya di tahun 2012, warga yang menggunakan hak suara dalam pemilihan awal sekitar 323.000 orang.

Namun tahun ini, Komisi Pemilu Pusat Rusia hanya menargetkan jumlah warga yang ambil bagian dalam pemungutan suara awal hanya sekitar 150.000 orang.

Jumlah tersebut, dengan 120.000 di antaranya merupakan pekerja di daerah terpencil dan sulit dijangkau, seperti Siberia dan kawasan Timur Jauh.

Sementara, sekitar 30.000 pemilih awal lainnya akan ditargetkan dari para pelaut yang sedang dalam perjalanan panjang atau ekspedisi. Nantinya akan disiapkan hingga 1.000 pos pemungutan suara di atas kapal.

"Untuk stasiun pemungutan suara di wilayah pangkalan militer, pada Pemilu kali ini akan dipangkas jumlahnya, karena pada pemilihan yang lalu banyak tentara justru memilih memberikan suara di pos pemilihan biasa," kata Wakil Ketua Komisi Pemilu Pusat Rusia, Nikolai Bugalev.

Jumlah total warga pemilik hak suara dalam Pemilu Presiden Rusia kali ini ada sekitar 109 juta orang.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/27/08170091/pemungutan-suara-awal-pemilihan-presiden-rusia-dimulai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke