Salin Artikel

Malaysia Tangkap 11 Orang Diduga Terkait ISIS

Dari 11 orang yang ditangkap, ada seorang perempuan dan sebanyak 7 di antaranya merupakan warga Filipina.  Mereka ditahan atas tuduhan mengatur perjalanan anggota ISIS ke Filipina.

Petinggi kepolisian Malaysia Mohammad Fuzi Harun mengatakan, lima orang pria termasuk tiga warga Filipina telah ditangkap dalam operasi pertama di Sandakan, Sabah.

"Dua dari mereka bekerja sebagai buruh, seorang sebagai rentenir, seorang sebagai operator kapal, dan satu lagi tidak memiliki pekerjaan," katanya, seperti dilansir dari The Straits Times, Rabu (21/2/2018).

"Seorang di antaranya, seorang warga Filipia usia 39 tahun, mendapat perintah dari anggota senior ISIS di Filipina untuk mengatur perjalanan anggota lainnya dari Sandakan ke Zamboanga, tempat di mana mereka bergabung dengan ISIS," tambahnya.

Sebanyak empat orang diyakini telah membantu warga Filipina itu untuk menyelendupkan anggota ke Filipina.

Dalam penangkapan yang terpisah, polisi menahan empat orang lainnya, terdiri atas tiga pria asal Filipina dan seorang perempuan Malaysia, di Penampang pada 4 Februari 2018.

Salah satu yang ditahan dalam penangkapan itu merupakan anggota senior kelompok Abu Sayyaf berbasis di Basilan.

"Para anggota tersebut menerima pelatihan senjata di Filipina," ucap Harun.

Kemudian, seorang terduga lain berkewarganegaraan Malaysia dituduh telah membantu seorang militan asing pergi ke Filipina.

Penangkapan tersebut membawa pihak berwenang untuk menahan seorang pria asal Filipina yang berprofesi sebagai pengemudi taksi pada 6 Februari 2018, di Sandakan.

Pria berusia 49 tahun tersebut telah menyandang status sebagai warga negara Malaysia.

Operasi penangkapan terduga ISIS dilakukan setelah menteri dalam negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi memerintahkan pemeriksaan acak terhadap orang yang berpergian antara Sabah dan Semenanjung Malaysia.

Perintah itu diluncurkan untuk mendeteksi warga yang menggunakan identitas Malaysia palsu, termasuk anggota kelompok ekstremis.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/21/15021611/malaysia-tangkap-11-orang-diduga-terkait-isis

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.