Salin Artikel

500.000 Pengungsi Suriah di Turki Diharapkan Segera Kembali ke Afrin

Harapan tersebut disampaikan ibu negara Emine Erdogan dalam konferensi di Istanbul, Jumat (16/2/2018). Demikian diberitakan The New Arab.

Operasi Ranting Zaitun yang dilancarkan militer Turki sejak 20 Januari lalu bertujuan untuk mengusir kelompok Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di kota Afrin, Suriah.

Kelompok tersebut dianggap bersekutu dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah dilabeli sebagai teroris oleh Ankara.

"Tujuan dari operasi (militer) tersebut adalah untuk mengamankan keamanan di wilayah ini (Timur Tengah)."

"Saat keamanan dan stabilitas terjamin, maka arus (pengungsi) baru akan berhenti dan mereka yang telah ada di sini (Turki) diharapkan untuk dapat kembali ke negara mereka," kata istri dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan itu.

Terlepas dari langkah militer yang dilakukan Turki, Emine menekankan bahwa negaranya telah mengupayakan langkah kemanusiaan selama mengatasi konflik di Suriah.

"Turki telah menerima hingga empat juta pengungsi Suriah selama beberapa tahun terakhir. Pemerintah bersama lembaga non-pemerintah dan juga anggota masyarakat telah berupaya yang terbaik untuk mengatasi situasi tersebut."

"Setelah operasi Ranting Zaitun, sekitar 500.000 orang diharapkan dapat kembali ke Afrin," kata Emine menegaskan, namun tidak menjelaskan lebih jauh mengenai proses pemulangan para pengungsi tersebut.

Operasi militer kini masih berlanjut di provinsi utara Suriah tersebut, memicu gelombang imigrasi melintasi perbatasan Turki.

Namun laporan Organisasi Hak Asasi Manusia (HRW) menyebut adanya upaya kekerasan yang dilakukan Turki terhadap para pengungsi yang hendak menyeberangi perbatasan.

"Situasi keamanan di Suriah tidak aman bagi pengungsi. Dengan peperangan di Afrin yang memicu penduduk bermigrasi, Turki harus membiarkan ribuan warga Suriah itu untuk menyeberangi perbatasan dan mencari perlindungan," kata Wakil Direktur HRW, Manish Fakih.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/19/21550201/500000-pengungsi-suriah-di-turki-diharapkan-segera-kembali-ke-afrin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke