Salin Artikel

19 Tahun Tinggal di AS, Pasangan Ini Dideportasi ke China saat Imlek

Huang Zhelong dan istrinya Li Xiangjin tiba di AS pada 1999. Namun kini, setelah 19 tahun, pasangan ini harus menerima kenyataan dideportasi karena mereka masuk tanpa melalui jalur resmi alias ilegal.

Dilaporkan laman media AS, NBC, Huang dan Li berangkat dari kampung halamannya di China pada 1999 dan tiba di AS tanpa visa resmi.

Mereka kemudian pindah ke Connecticut pada 2006, hingga menetap akhirnya menetap di kota Simsbury.

Keduanya membuka usaha salon kuku dan telah memiliki dua orang anak laki-laki, masing-masing berusia 5 dan 15 tahun.

Berbeda dengan ayah ibunya, kedua anak Huang dan Li memiliki kewarganegaraan AS karena mereka lahir di negara itu.

Meski demikian, kedua anaknya dihadapkan pada pilihan ikut dengan kedua orangtuanya kembali ke China, atau dirawat oleh negara.

Pasangan suami istri Huang sebenarnya telah diperintahkan oleh pengadilan untuk meninggalkan AS sejak lima tahun lalu, namun mereka diizinkan memperpanjang masa tinggal sambil menunggu proses pengajuan izin tinggal resmi.

Akan tetapi, pengajuan mereka pada akhirnya ditolak dan keduanya pun kini kembali mendapat perintah meninggalkan AS dan dideportasi kembali ke China.

Mengutip dari SCMP, pengacara pasangan Huang, Erin O'Neil Baker kepada NBC mengatakan, keduanya hanya diberi batas waktu hingga Jumat (16/2/2018) untuk berada di AS.

Rekan-rekan Huang di AS mendukung agar keluarga itu bisa tinggal dengan mengatakan mereka tidak memiliki catatan kriminal dan selalu membayar pajak.

Pindah ke China juga akan menjadi masalah bagi kedua anak Huang, karena mereka hampir tidak bisa berbahasa Mandarin dan tidak mengenal budaya China.

Namun setelah kisah keluarga ini viral di media sosial Weibo, mayoritas warga China justru tidak menunjukkan simpati.

"Mereka sebaiknya tidak kembali kemari (China) karena mereka sendiri yang ingin melepaskan kewarganegaraan China mereka," tulis salah satu pengguna Weibo.

Pemerintah China, mulai bulan ini, telah mengumumkan bakal menerima setiap warga etnis China di luar negeri untuk masuk dan bebas tinggal di negara itu selama lima tahun, selama mereka bisa membuktikan benar-benar berasal dari China.

Sedangkan untuk kedua anak Huang, akan dapat memilih kewarganegaraan mereka sendiri saat mereka berusia 18 tahun.


https://internasional.kompas.com/read/2018/02/16/08080081/19-tahun-tinggal-di-as-pasangan-ini-dideportasi-ke-china-saat-imlek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke