Salin Artikel

54 Warga Palestina Meninggal karena Tak Dapat Visa Berobat ke Israel

Data tersebut disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (13/2/2018). Laporan mereka menyebut ada 54 warga Palestina yang akhirnya meninggal saat menanti izin visa dari Israel.

Menurut WHO, kondisi sistem birokrasi telah melemahkan hak pasien asal Palestina untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

Terkait kondisi tersebut, pemerintah Israel beralasan, ketatnya pemeriksaan diperlukan sebagai langkah antisipasi atas keamanan bagi mereka yang berasal dari Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Warga Gaza membutuhkan izin Israel untuk meninggalkan kawasan tersebut dan masuk ke Yerusalem ataupun Tepi Barat untuk mendapat pelayanan medis yang didanai Otoritas Palestina yang diakui internasional.

Perawatan medis berat seperti untuk pengobatan kanker tidak tersedia di Gaza, terutama karena kekurangan fasilitas dan pembatasan oleh Israel terhadap impor teknologi medis yang berpotensi dimanfaatkan Hamas untuk tujuan militer.

Lebih dari 25.000 aplikasi permohonan perjalanan medis yang diajukan kepada otoritas Israel di 2017, dan hanya 54 persen yang disetujui tepat waktu. Angka itu turun dari 62 persen di 2016.

"Penurunan yang terjadi sangat mengkhawatirkan dan telah berada pada tingkat terendah sejak WHO mulai memantau hal ini pada 2008," kata Direktur WHO di Palestina, Gerald Rockenschaub dilansir AFP.

WHO bersama badan hak asasi manusia Al Mezan, Amnesti Internasional, Badan Hak Asasi Manusia (HRW), Bantuan Medis untuk Palestina, dan Dokter Hak Asasi Manusia Israel, meminta agar pembatasan terhadap warga Palestina yang membutuhkan pengobatan di Israel dapat dipermudah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/13/22191081/54-warga-palestina-meninggal-karena-tak-dapat-visa-berobat-ke-israel

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke