Salin Artikel

Reaksi Cepat Pilot Air India, Cegah Tabrakan Antara Dua Pesawat

Penumpang di dua pesawat komersial India itu kemungkinan mengalami hal paling mengerikan sekaligus mendapat keberuntungan dalam insiden yang terjadi 7 Februari lalu.

Saat itu, pesawat Airbus A320neo dengan nomor penerbangan UK 997 milik maskapai penerbangan Vistara terbang amat dekat dengan Airbus A319 milik Air India bernomor penerbangan AI 631.

Pesawat milik Vistara itu terbang dari New Delhi menuju Pune membawa 162 penumpang, sedangkan Air India berasal dari Mumbai menuju Bhopal dengan 109 orang penumpang.

Di tengah penerbangan, kapten pilot Vistara pergi ke toilet, meninggalkan sang kopilot sendirian di dalam kokpit.

Untuk mematuhi aturan penerbangan internasional yang mengharuskan selalu ada dua kru di dalam kokpit, seorang pramugari masuk ke dalam kokpit. Demikian dikabarkan harian The Times of India.

Sementara di kokpit Air India, yang bertugas adalah seorang pilot perempuan bernama Anupama Kohli.

Saat melintas di atas Mumbai, menara pengawas lalu lintas udara (ATC) setempat memerintahkan pilot Vistara untuk menurunkan ketinggan ke 27.100 kaki atau sekitar 6.400 meter.

Namun, posisi ini hanya berada sekitar 100 kaki atau tak lebih dari 30 meter di atas pesawat Air India.

"Di titik ini, kedua pesawat hanya berjarak beberapa detik satu sama lainnya," ujar seorang sumber ATC kepada The Times of India.

Jarak kedua pesawat amat dekat hingga kapten pilot Air India Anupama Kohli bisa melihat Airbus milik Vistara mendekati pesawatnya.

Kohli juga mendengar petugas ATC bertanya kepada pilot Vistara terkait jarak terbangnya yang amat dekat dengan Air India.

"Anda yang memerintahkan saya turun ke ketinggian ini," ujar pilot Vistara.

Beberapa saat sebelum tabrakan terjadi, alarm sistem pencegah tabrakan (TCAS) berbunyi di dalam kabin Air India.

"Naik, naik, naik!" kata Kapten Kohli sambil membelokkan pesawatnya ke kanan menjauhi posisi Airbus A320 milik Vistara.

Manajemen Air India kemudian mengatakan, terjadi salah komunikasi antara pilot Vistara dan menara ATC karena pesawat Vistara terus turun sementara ATC memberikan instruksi berbeda.

Sementara itu, juru bicara maskapai penerbangan Vistara hanya memberikan komentar normatif terkait insiden itu.

"Kedua pilot telah mengikuti prosedur yang berlaku untuk mencegah kecelakaan dan menerbangkan pesawat mereka dengan selamat," demikian pernyataan Vistara.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/13/12370771/reaksi-cepat-pilot-air-india-cegah-tabrakan-antara-dua-pesawat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke