Salin Artikel

Turki Ubah Nama Jalan di Depan Kedubes AS di Ankara

Jalan di tengah ibu kota Ankara itu akan diberi nama "Olive Branch Avenue" sesuai dengan operasi militer yang sedang berlangsung di Suriah.

Penggantian nama jalan tersebut seolah makin menunjukkan hubungan kedua negara sekutu NATO yang sedang memanas usai Washington mengkritik operasi yang dilancarkan Ankara.

"Saya telah menandatangani dokumen yang diperlukan untuk mengubah nama jalan di mana kedutaan AS berada, yang semula bernama Jalan Nevzat Tandogan menjadi Olive Branch," kata Wali Kota Mustafa Tuna di Twitter.

Tuna mengatakan, proposal tersebut akan diajukan ke Majelis Kota Ankara untuk mendapat persetujuan. Nevzat Tandogan, nama jalan sebelumnya, merupakan mantan gubernur ibu kota Turki antara tahun 1929 dan 1946.

"Olive Branch" atau Ranting Zaitun merupakan nama operasi militer yang dilancarkan Turki mulai 20 Januari 2018 melawan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) di wilayah barat kota Afrin.

Hubungan antara AS dengan Turki memanas setelah Washington mengkritik operasi militer di wilayah Suriah tersebut dan mendesak dihentikannya operasi tersebut.

Sementara Turki, telah berulang kali meminta AS menghentikan kerja sama dengan YPG yang mereka anggap sebagai kelompok teroris.

Ankara dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan penggantian nama jalan sebagai alat diplomasi.

Sebelumnya, proposal perubahan nama jalan dilakukan mengikuti debat simbolis ke Uni Emirat Arab bulan lalu ketika Ankara menamai jalan tempat kedutaan Abu Dhabi dengan nama mantan gubernur Ottoman di Medina.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/12/23374641/turki-ubah-nama-jalan-di-depan-kedubes-as-di-ankara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke