Salin Artikel

Lagi, Sekelompok Gajah Liar Mati Tertabrak Kereta di India

ASSAM, KOMPAS.com - Sebuah kereta penumpang jurusan Guwaharti-Silchar menabrak kawanan gajah liar yang menyeberang rel kereta di distrik Hojai, Assam, pada Sabtu (11/2/2018).

Dilansir dari Hindustan Times, insiden terjadi sekitar pukul 21.30 waktu setempat di dekat stasiun Habaipur, sekitar 180 kilometer ke arah timur ibu kota negara bagian tersebut.

Akibat kecelakaan, mesin kereta tergelincir dari lintasan, namun tidak ada penumpang yang terluka. Hanya saja, empat ekor gajah liar mati dan seekor lainya terluka parah.

Kereta pengganti lantas dikirimkan dari stasiun di kota Lumding untuk mengangkut para penumpang dan mengantarkan hingga stasiun tujuan.

Penduduk lokal mengatakan, lokasi terjadinya kecelakaan memang telah diketahui sebagai jalur perjalanan gajah liar. Sesaat sebelum tabrakan, penduduk bahkan mencoba menghentikan kereta yang melintas karena sedang ada kawanan gajah yang menyeberang.

Jumlah kematian gajah liar di Assam akibat kecelakaan terus meningkat. Tak hanya mati tertabrak kereta, gajah liar juga kerap menjadi korban racun oleh petani.

Pejabat dari Badan Margasatwa Dunia (WWF) mengatakan, wilayah Assam di mana angka kematian gajah liarnya meningkat, telah kehilangan sekitar 70 persen wilayah hutannya, sehingga memaksa hewan liar berkeliaran ke desa-desa.

Departemen Kehutanan Assam membangun ruang kontrol di kantor divisi untuk mengawasi pergerakan gajah liar, serta membentuk tim anti-pembantaian dengan dukungan warga lokal demi mengatasi masalah tersebut.

Sementara Badan Perkeretaapian India telah menggelar pelatihan untuk membangun kesadaran para masinis terkait pergerakan kawanan gajah yang kerap melintasi jalur kereta.

Menurut sensus 2011, ada 5.620 gajah liar di Assam, yang tertinggi di India. Namun kini, gajah Asia asli Assam telah dinyatakan sebagai hewan terancam punah oleh Perhimpunan Internasional untuk Konversi Alam.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/12/17401521/lagi-sekelompok-gajah-liar-mati-tertabrak-kereta-di-india

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke