Salin Artikel

Pencarian Korban Gempa Taiwan Berakhir, Jumlah Tewas Total 17 Orang

HUALIEN, KOMPAS.com - Otoritas Taiwan pada Minggu (11/2/2018) mengumumkan secara resmi mengakhiri misi pencarian dan penyelamatan korban gempa yang terjadi pada Selasa (6/2/2018) malam.

Misi pencarian yang difokuskan pada bangunan hotel Yun Tsui yang roboh dan menjadi miring melibatkan ratusan petugas dari tim penyelamat dan juga polisi.

Mereka mencari korban yang diperkirakan terkubur reruntuhan lantai dasar hotel akibat guncangan gempa berkekuatan 6,4 magnitudo yang melanda kawasan timur kota Hualien.

Dilansir dari AFP, jumlah korban tewas setelah dilakukan misi pencarian selama lima hari di bangunan gedung hotel 12 lantai itu ditemukan total 17 korban tewas.

Akibat gempa yang terjadi, lantai dasar bangunan runtuh dan menyebabkan bangunan hotel miring 45 derajat. Kondisi itu menyulitkan para petugas penyelamat dalam menyisir reruntuhan bangunan karena khawatir akan roboh.

Wali kota Hualien, Fu Kun-chi mengatakan, dua korban terakhir ditemukan dalam kondisi terhimpit pilar bangunan. Pengangkatan korban tidak mungkin dilakukan tanpa membahayakan kondisi bangunan yang sudah setengah runtuh.

Pada akhirnya misi pengangkatan korban dibatalkan setelah mendapat persetujuan dari keluarga korban. Pekerjaan selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan bantuan alat berat, eskavator untuk menggali gedung dari bagian atap.

"Sangat disayangkan 17 orang tewas akibat gempa lalu. Saya percaya keluarga korban akan mendapat bantuan yang pantas," kata Perdana Menteri China William Lai yang hadir untuk memberi penghormatan kepada para korban, Minggu (11/2/2018).

Pasangan yang ditemukan terakhir diyakini merupakan anggota keluarga yang tiba dari Beijing sehari sebelum terjadinya gempa. Mereka menginap di kamar di lantai dua hotel.

Sebanyak 14 dari total 17 korban tewas akibat gempa ditemukan dalam bangunan gedung yang runtuh. Tiga bangunan yang sebagian runtuh di Hualian akan segera dirobohkan sepenuhnya, termasuk hotel Marshal yang menjadi salah satu penanda kota.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/11/20031421/pencarian-korban-gempa-taiwan-berakhir-jumlah-tewas-total-17-orang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke