Salin Artikel

Ingin Gabung ISIS, Pria Ini Kirim Surat Lamaran Resmi

Warren Clark (33), yang merupakan lulusan Universitas Houston menuliskan surat lamaran lengkap dengan daftar riwayat hidup dan pengalaman kerja.

Dilansir dari New York Daily News, dalam surat lamarannya, Clark yang menggunakan nama Abu Muhammad al-Ameriki, menyebut dirinya bisa menjadi pengajar bahasa Inggris bagi anak-anak ISIS.

"Saya ingin mendapat posisi sebagai pengajar bahasa Inggris untuk anak-anak di Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS)," tulis Clark dalam surat lamarannya.

Dalam surat lamarannya, Clark menceritakan sedikit tentang dirinya yang lahir dan dibesarkan di AS. Clark mengaku dirinya sangat menyukai mengajar orang lain dan ingin belajar dari orang lain.

"Latar belakang pekerjaan saya sebagian besar berbahasa Inggris dan saya melihat bekerja di Universitas Mosul akan menjadi sebuah cara yang bagus untuk melanjutkan karir saya," tambah Clark.

Surat lamaran yang tak biasa dari Clark untuk bergabung dengan jaringan teroris itu didapat para peneliti dari Universitas George Washington yang kemudian merilis sebuah laporan tentang warga Amerika yang menjadi anggota kelompok teroris di Suriah dan Irak.

Dalam laporan yang dirilis pada pekan ini tersebut, para peneliti dapat memastikan bahwa nama Abu Muhammad yang tertera dalam surat adalah orang yang sama dengan Clark.

Mereka memastikan hal tersebut melalui kecocokan piagam pendidikan dan juga pengalaman pekerjaan yang cocok dengan Clark.

Dalam daftar pengalaman pekerjaan di surat lamaran itu tertulis Clark sempat bekerja sebagai guru pengganti di Texas sebelum kemudian pindah ke Arab Saudi sebagai pengajar bahasa Inggris.

Para peneliti tersebut meyakini Clark telah berhasil bergabung dengan ISIS dan masih hidup sampai saat ini.

Dalam laporan penelitian yang dirilis oleh peneliti dari Universitas George Washington itu, mengungkap data 64 warga AS yang telah melakukan perjalanan ke Irak dan Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Dari jumlah tersebut, 12 di antaranya telah kembali ke AS dan sembilan dari mereka telah ditangkap.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/07/22453611/ingin-gabung-isis-pria-ini-kirim-surat-lamaran-resmi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke