Salin Artikel

Hari Ini dalam Sejarah: Cristiano Ronaldo Dilahirkan

Pria bernama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di kota Funchal, Madeira, Portugal.

Ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro adalah manajer peralatan di klub sepak bola lokal Andorinha. Dia juga pengagum bintang film yang kemudian menjadi presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.

Dari situlah sang bintang mendapatkan namanya.

Pada usia 15 tahun, Ronaldo didiagnosa mengalami masalah jantung dan harus menjalani operasi. Namun, beruntung Ronaldo sembuh dan sehat seperti sedia kala.

Karier sepak bolanya dimulai di klub setempat yaitu Clube Desportivo Nacional of Madeira sebelum pindah ke klub raksasa Portugal, Sporting Clube de Portugal atau lebih dikenal dengan nama Sporting Lisbon.

Di sana, Ronaldo main di tim junior selama beberapa tahun sebelum berhasil menjadi pemain utama pada 2002.

Dengan tinggi badan 1,85 meter, Ronaldo merupakan seorang atlet yang tangguh di lapangan.

Awalnya dia berposisi sebagai pemain sayap kanan tetapi kemudian menjadi penyerang dengan gaya permainan yang sulit ditebak.

Dia bisa dengan mudah meloloskan diri dari sergapan lawan dan pintar menciptakan peluang ke gawang lawan.

Setelah sukses bersama Sporting Lisbon, Ronaldo mendapat perhatian dari banyak klub besar Eropa dan akhirnya dia pindah ke Manchester United pada 2003.

Seketika, Ronaldo menjadi bintang baru Setan Merah dan dianggap menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia saat itu.

Puncak kejayaannya bersama Manchester United adalah pada musim 2007/2008 saat dia mencetak 42 gol di ajang Liga Primer dan Piala FA.

Di musim yang sama Ronaldo juga mendapatkan penghargaan Sepatu Emas setelah 31 golnya menjadikan dia penyerang tersubur di Eropa.

Dia juga membawa Manchester United ke babak final Liga Champions Eropa di musim berikutnya tetapi gagal juara karena dikalahkan F C Barcelona

Setelah itu, Ronaldo melanjutkan kariernya di Spanyol bersama Real Madrid, sebuah klub yang lama dia idamkan.

Saat itu Madrid harus menyediakan 131 juta dolar AS atau nyaris Rp 1,8 triliun dan menjadikannya pemain termahal di dunia.

Harga semahal itu dibayar Ronaldo dengan prestasi gemilang. Pada musim 2010/2011 dia menjaringkan 40 gol yang merupakan rekor gol satu musim terbanyak yang diciptakan seorang pemain dalam sejarah La Liga.

Rekor ini hanya bertahan satu musim setelah dipecahkan sang rival, Lionel Messi tahun berikutnya.

Pada musim 2011/2012, Ronaldo membantu Madrid menjuarai La Liga dan menorehkan 46 gol saat itu.

Pada 2013, Ronaldo mencetak total 66 gol dari 56 kali penampilan dan setahun kemudian dia menorehkan 52 gol sekaligus memberinya penghargaan sebagai pemain terbaik FIFA untuk kedua kalinya.

Pada 2015, Ronaldo sudah menjaringkan 324 gol untuk Real Madrid sekaligus menjadi top skorer sepanjang masa Los Blancos.

Selain itu, secara total Ronaldo meraih lima gelar pemain terbaik dunia.

Di kampung halamannya, Ronaldo resmi menjadi pemain inti tim nasional pada 2003 tepatnya empat hari setelah debutnya bersama Manchester United.

Dia menjadi kunci sukses saat Portugal menjadi juara keempat Piala Dunia 2006. Dia juga membawa Portugal ke semifinal Piala Eropa tetapi kalah adu penalti.

Pada 2016, Ronaldo memiliki andil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa, trofi turnamen internasional pertama bagi negeri itu.

Di tahun yang sama Ronaldo menjadi atlet ketiga di dunia setelah Michael Jordan dan LeBron James yang mendapatkan kontrak seumur hidup dari perusahaan peralatan olahraga Nike.

Tak hanya itu, julukannya di lapangan "CR7" menjadi merek tersendiri untuk sepatu, minyak wangi , hingga pakaian dalam.

Namun, bukan berarti kehidupan Ronaldo tak memiliki masalah. Dia sempat digugat karena dianggap tidak membayar pajak kepada pemerintah Spanyol sebesar 16,5 juta dolar Rp 222,5 miliar.
 

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/05/13325831/hari-ini-dalam-sejarah-cristiano-ronaldo-dilahirkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.