Salin Artikel

Lindungi Pengungsi, Turki Didesak Buka Perbatasan dengan Suriah

NEW YORK, KOMPAS.com - Organisasi hak asasi manusia, Human Rights Watch (HRW) mendesak kepada pemerintahan Turki untuk menghentikan tindakan serangan mematikan terhadap warga sipil Suriah di perbatasan.

Organisasi tersebut juga meminta kepada Ankara untuk membuka perbatasan bagi warga sipil Suriah yang hendak menyeberang untuk mencari suaka.

"Banyak yang mencoba melarikan diri ke Turki, namun pasukan penjaga perbatasan justru menembak tanpa pandang bulu dan langsung memulangkan warga Suriah yang ingin mencari suaka," demikian pernyataan HRW, dilansir dari AFP, Sabtu (3/2/2018).

Laporan PBB menyebutkan, sebanyak lebih dari 270.000 orang telah mengungsi dari provinsi Idlib di barat laut Suriah sejak pertengahan Desember 2017 akibat serangan yang dilakukan pasukan pemerintah Suriah.

Turki, hingga saat ini dilaporkan telah menampung sekitar 3,5 juta pengungsi Suriah, namun juga terus memaksa kembali siapa saja yang mencoba menyeberang perbatasan di selatan sejak Agustus 2015.

Beberapa pengungsi Suriah akhirnya dapat menyeberang setelah memakai jasa penyelundup.

"Warga Suriah yang melarikan diri ke perbatasan Turki yang ingin mencari perlindungan dan suaka justru dipaksa kembali dengan peluru dan tindakan pelecehan," kata Wakil Direktur HRW di Timur Tengah, Lama Fakih.

HRW, mendesak pemerintah Turki segera memberikan standar instruksi kepada penjaga di seluruh titik perbatasan.

"Tembakan tidak seharusnya diarahkan kepada para pencari suaka dan tidak ada dari mereka yang layak diperlakukan tak pantas. Sebaliknya, mereka harus segera mendapatkan bantuan medis saat tiba," tambah Fakih.

Pemulangan para pengungsi Suriah telah menjadi perdebatan publik di Turki, seperti juga di Lebanon dan Yordania yang juga menampung sejumlah besar dari mereka.

Meski demikian, HRW tetap memperingatkan bahwa situasi di Suriah terlalu berbahaya bagi warga sipil untuk dikirim kembali.

Terlebih kini tengah berlangsung operasi militer oleh Turki di Afrin yang turut berperan dalam meningkatnya jumlah pengungsi dari Suriah dan Ankara harus membiarkan warga Suriah yang putus asa untuk menyeberang guna mendapat perlindungan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/03/21472221/lindungi-pengungsi-turki-didesak-buka-perbatasan-dengan-suriah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke