Salin Artikel

Gelar Peragaan Busana di Pesawat, Maskapai Vietnam Didenda

HANOI, KOMPAS.com - Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam menjatuhkan sanksi denda 40 juta dong (sekitar Rp 23,5 juta) kepada maskapai Vietjet, setelah menampilkan peragaan busana selama penerbangan.

Rekaman video yang diunggah salah satu penumpang itu menunjukkan para model perempuan berjalan di antara kursi penumpang sambil memperagakan busana seksi.

Dilaporkan Reuters, penerbangan tersebut membawa tim sepakbola U-23 Vietnam yang kembali usai dikalahkan tim Uzbekistan dan tersingkir dari ajang Piala Asia pada Minggu (28/1/2018).

Foto para model bersama pemain pun bermunculan di media sosial seusai penerbangan yang langsung memicu komentar netizen.

Maskapai penerbangan murah, Vietjet yang sebelumnya juga pernah dikritik lantaran meluncurkan program pramugari berbikini demi menarik calon penumpang, menyampaikan permohonan maaf atas kejadian kali ini.

Namun mereka membantah peragaan busana saat penerbangan itu merupakan program dari maskapai.

"Semua itu hasil improvisasi tim logistik dan bukan bagian dari program perusahaan," kata pejabat eksekutif Vietjet Nguyen Thi Phuong Thao melalui pernyataan yang ditulis di laman Facebook resmi perusahaan dilansir New York Post.

Namun salah satu model yang juga dikenal sebagai DJ, Lai Thanh, yang turut berpartisipasi dalam peragaan busana di pesawat itu mengatakan, salah seorang perwakilan Vietjet memintanya untuk berfoto bersama para pemain.

Selain menjatuhkan denda kepada perusahaan penerbangan, Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam juga menjatuhkan sanksi kepada kepala pramugari dengan denda sebesar 175 dolar AS, atau sekitar Rp 2,3 juta.

"Terlepas dari fakta bahwa acara di dalam pesawat Vietjet tidak membahayakan keamanan penerbangan, namun tetap dapat menimbulkan risiko keselamatan," tulis pernyataan Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/03/15062701/gelar-peragaan-busana-di-pesawat-maskapai-vietnam-didenda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke