Salin Artikel

Pertama Kali, Taman Akuarium di Arab Saudi Tampilkan Penguin

JEDDAH, KOMPAS.com - Pengunjung Taman Akuarium Fakieh di Jeddah, Arab Saudi, mulai Senin (5/2/2018), untuk pertama kalinya akan dapat menyaksikan penampilan anggota keluarga baru di taman tersebut, yakni penguin Humboldt.

Penguin-penguin di Akuarium Fakieh akan menjadi yang pertama kalinya burung khas kawasan kutub tersebut ada di Arab Saudi.

"Kami senang karena dapat membawa kelompok penguin pertama ke Arab Saudi," kata Manajer Eksekutif Akuarium, Zaki Sadayo kepada Arab News.

Disampaikan Kepala Edukasi Akuarium Fakieh, Sara al-Ghamdi, ada sebanyak delapan penguin jenis Humboldt yang dikirim ke akuarium tersebut.

Penguin-penguin tersebut didatangkan dari Peru, dan telah berusia antara 2 hingga 4 tahun. Sebelumnya, burung berbulu hitam putih itu tinggal di Parque Zoologico de Huachipa di Peru, tempat mereka dirawat sejak lahir.

"Penguin jenis Humboldt ini dapat hidup antara 15 hingga 20 tahun dan dapat tumbuh hingga 70 sentimeter. Untuk berat sekitar 3,5 hingga 6 kilogram," kata Al-Ghamdi menerangkan.

Diterangkan Al-Ghamdi, spesies penguin tersebut berasal dari wilayah Amerika Selatan, terutama di pantai Chili dan Peru. Pihak akuarium telah menaruh perhatian dan menyiapkan habitat khusus yang serupa dengan habitat alami penguin tersebut.

"Butuh waktu hingga lebih dari satu tahun hingga akhirnya dapat membuat habitat yang sesuai dengan mengandalkan pengalaman para ahli di bidang sipil, biologi, kedokteran hewan hingga pakar sistem pendukung kehidupan," ujarnya.

Taman Akuarium Fakieh, satu-satunya yang dibuka untuk umum di Arab Saudi, memiliki lebih dari 200 spesies laut dari seluruh dunia, termasuk hiu, ikan pari, kuda laut, ubur-ubur, lumba-lumba dan lain sebagainya.

Akuarium Fakieh juga menawarkan program pendidikan dan hiburan tentang kehidupan laut.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/01/22532001/pertama-kali-taman-akuarium-di-arab-saudi-tampilkan-penguin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke