Salin Artikel

Darboune, Gang Tersempit di Arab Ini Ada di Irak

BAGHDAD, KOMPAS.com - Di Indonesia ada istilah gang senggol untuk menyebut jalan kecil di antara bangunan di permukiman.

Disebut demikian lantaran orang-orang yang melaluinya akan selalu bersenggolan satu sama lain karena lebar jalan yang terlalu sempit.

Namun di Irak, ternyata ada sebuah gang yang bisa jadi merupakan gang tersempit di negara Arab, atau bahkan mungkin di dunia.

Dengan lebar hanya sekitar 30 sentimeter di titik tersempitnya, gang sepanjang 70 meter tersebut hanya dapat dilalui satu orang sekali waktu.

Gang tersebut berlokasi di distrik Kasra, Baghdad, yang merupakan salah satu ditrik tertua di ibu kota Irak itu. Warga sekitar menyebut gang itu "Darboune" yang berarti kecil dalam dialek Irak.

"Karena gang yang terlalu sempit, hampir tidak mungkin untuk membawa masuk perabotan mewah ke dalam rumah kami," kata Yaser Mutassar, salah seorang penduduk lokal dikutip Anadolu.

Dia menceritakan pernah membeli sebuah mesin cuci dan mencoba membawanya masuk melalui gang itu. Namun setelah memikirkan banyak cara, tetap tidak berhasil.

"Saya tidak berhasil membawanya masuk, jadi akhirnya saya jual kembali," tutur Mutassar, yang telah tinggal di gang itu selama hampir 35 tahun.

"Saat ada tetangga atau kerabat yang meninggal, kami harus mengeluarkan jenazahnya melalui atap baru kemudian menurunkannya agar bisa dibawa ke tempat pemakaman," ujarnya.

Walaupun sering menemui kesulitan, Abdullah mengatakan di kawasan itu warga tinggal dengan damai, tanpa mempedulikan mereka dari Syiah maupun Sunni.

"Gang tempat kami tinggal ini terkenal dengan ketulusan, kebajikan dan keramahannya," tambah dia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/02/01/12150071/darboune-gang-tersempit-di-arab-ini-ada-di-irak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke