Salin Artikel

Bawa 15 Koper Kokain Pakai Jet Pribadi, Dua Warga Inggris Ditahan

HAMPSHIRE, KOMPAS.com - Dua warga negara Inggris yang masih memiliki hubungan saudara ditahan di bandara Inggris setelah kedapatan membawa 15 koper berisi kokain menggunakan jet pribadi.

Keduanya terbang menggunakan jet pribadi dari Bogota, Kolombia dan mendarat di bandara Farnborough di Hampshire, Inggris pada Senin (29/1/2018).

Petugas menemukan hingga 500 kilogram narkoba kelas A yang disimpan dalam 15 koper.

Kantor Urusan Rumah Tangga Inggris mengatakan penyelidikan tengah dilakukan untuk memeriksa temuan tersebut.

Sementara, tiga orang lain, masing-masing dua warga Spanyol dan seorang warga Italia, telah ikut ditahan bersama dengan dua warga Inggris yang diduga sebagai pemasok barang haram tersebut.

Wakil Kepala Operasi Pasukan Perbatasan Mike Stepney mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Kriminal Nasional (NCA) dalam mengusut kasus perdagangan narkoba itu.

"Petugas mulai curiga setelah menemui dan bertanya pada penumpang di penerbangan jet pribadi itu, kemudian menggeledah pesawat dan barang bawaan mereka," kata Stepney.

"Saat dibuka masing-masing koper berisi antara 34 hingga 37 paket dengan berat masing-masing sekitar satu kilogram. Setelah kami periksa terbukti positif berisi kokain," tambahnya.

Penyelidikan selanjutnya diserahkan kepada NCA yang kemudian memeriksa tiga alamat di daerah Bournemouth dan menyita sejumlah perangkat komputer dan telepon.

"Ini adalah kasus penyitaan kokain besar, salah satu yang terbesar diterbangkan ke Inggris dalam beberapa tahun terakhir," kata Manajer Operasi NCA, Siobhan Micklethwaite.

"Kami memperkirakan setelah dibagi dan dijual di jalanan Inggris maka paket kokain yang mereka bawa memiliki nilai potensial lebih dari 50 juta poundsterling," tambahnya.

Penyelidikan terkait impor narkoba kelas A melalui jalur udara ini masih terus dilakukan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/31/23363671/bawa-15-koper-kokain-pakai-jet-pribadi-dua-warga-inggris-ditahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke