Salin Artikel

Soal Ujian Matematika Kelas V SD di China Ini Dianggap Tak Masuk Akal

SICHUAN, KOMPAS.com — Soal ujian di China kembali menuai kritik. Kali ini salah satu soal dalam ujian matematika untuk siswa kelas V di sebuah sekolah di Nanchong, provinsi Sichuan, dianggap tidak masuk akal.

Dilansir dari SCMP, dalam salah satu soal di ujian tersebut diterangkan seorang nakhoda mengangkut 26 ekor domba dan 10 ekor kambing menggunakan kapal.

Namun, di akhir soal, siswa justru diminta untuk mengira-ngira usia dari nakhoda kapal tersebut. Demikian dikutip situs berita scol.com.cn.

Karena pertanyaan ini ada dalam ujian, siswa pun tetap berusaha menjawab, dan jawaban para siswa pun beragam.

"Kapten kapal setidaknya harus berusia 18 tahun karena anak di bawah umur tidak diperbolehkan untuk mengoperasikan sebuah kapal," jawab salah satu siswa.

Siswa lainnya menjawab dengan sedikit lucu. "Kapten kapal berusia 36 tahun karena dia orang yang narsis dan membawa hewan ternak yang sesuai dengan usianya," jawab siswa itu.

Salah satu siswa juga ada yang menolak menjawab dengan alasan keterangan soal dan pertanyaan tidak berkaitan sehingga tidak bisa digunakan untuk mencari jawaban.

Atas kasus soal ujian tersebut, dinas pendidikan setempat justru membela pihak sekolah yang membuat soal ujian.

Alih-alih merevisi soal ujian, dinas terkait justru mengatakan soal tersebut tidak salah dan memang sengaja diberikan untuk menguji kemampuan berpikir kritis siswa.

"Peran pendidikan bukan untuk menghasilkan generasi muda yang terstandardisasi. Setiap jawaban dapat merefleksikan kepribadian yang berbeda dari siswa."

"Pertanyaan yang bisa memiliki beragam jawaban yang berbeda justru merupakan pertanyaan yang baik," jawab dinas melalui pernyataannya.

Dinas tersebut bahkan mengatakan bakal melanjutkan memberikan pertanyaan serupa dalam ujian dan masyarakat dipersilakan memberi tanggapan.

Sementara netizen banyak yang berkomentar dengan menyebut dinas pendidikan setempat telah memberikan pertanyaan yang tidak masuk akal.

"Soal yang diberikan tidak berkaitan dengan mata pelajaran matematika. Soal itu tidak menguji kemampuan siswa dalam memahami matematika," tulis salah satu komentar.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/30/05064611/soal-ujian-matematika-kelas-v-sd-di-china-ini-dianggap-tak-masuk-akal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke