Salin Artikel

Korea Utara Batalkan Pertunjukan Budaya Bersama Artis Korea Selatan

SEOUL, KOMPAS.com - Kementerian Unifikasi Korea Selatan menyampaikan pada Senin (29/1/2018), Pyongyang telah membatalkan kesepakatan untuk penampilan pertunjukan budaya bersama saat Olimpiade Musim Dingin mendatang.

Kementerian menyebut telah menerima pemberitahuan dari Pyongyang terkait pembatalan tersebut.

"Dalam pemberitahuannya, Korea Utara mengatakan bahwa pers kami telah mendorong opini publik untuk menghina niat baik mereka dalam olimpiade di Pyeongchang, bahkan membawa masalah perayaan internal Korut."

"Atas pertimbangan tersebut, membuat Korea Utara tidak memiliki pilihan selain membatalkan acara yang telah disepakati," kata kementerian dikutip AFP.

Korea Utara bersama dengan Korea Selatan sebelumnya telah menyepakati sejumlah terkait penampilan Pyongyang di olimpiade mendatang.

Salah satunya, pertunjukan bersama antara kelompok orkestra dari Korea Utara akan tampil bersama artis dari Seoul di panggung di gunung Kumgang pada Minggu (4/2/2018) mendatang. Pertunjukkan bersama inilah yang kemudian dibatalkan.

Kore Utara juga telah menyetujui akan menurunkan tim gabungan dengan Korea Selatan untuk tim hoki es putri.

Kesepakatan tersebut mendapat penolakan dari masyarakat Korea Selatan dengan menyebut Seoul terlalu banyak memberikan konsesi kepada Pyongyang agar mereka bersedia tampil di olimipade.

Korea Utara juga berencana memajukan perayaan peringatan ulang tahun ke-70 militer mereka menjadi 8 Februari, atau sehari sebelum pembukaan olimpiade.

Foto satelit menunjukkan tentara dan kendaraan lapis baja Korut telah mulai latihan parade yang disebut untuk memamerkan kekuatan militer mereka.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/29/23140091/korea-utara-batalkan-pertunjukan-budaya-bersama-artis-korea-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke