Salin Artikel

Insiden di Rumah Sakit, Pria di India Tewas Terisap Mesin MRI

MUMBAI, KOMPAS.com — Insiden mematikan terjadi di sebuah rumah sakit di Mumbai, India. Seorang pria yang tengah mengantarkan keluarganya untuk pemeriksaan MRI justru meninggal akibat kelalaian petugas rumah sakit.

Dilansir dari NDTV, Rajesh Maru (32) mengantar anggota keluarganya untuk melakukan scan di Rumah Sakit Amal BYL Nair di Mumbai, Sabtu (27/1/2018) malam.

Saat di bangsal pemeriksaan MRI, petugas rumah sakit meminta tolong kepada Maru untuk membawa masuk tabung oksigen ke dalam ruang MRI. Sementara benda-benda mengandung logam yang seharusnya dilarang berada di dalam ruang tersebut.

"Ketika kami mengatakan barang logam tidak seharusnya masuk ke dalam ruangan MRI, mereka berkata 'Tidak apa-apa, kami melakukannya setiap hari'."

"Mereka juga meyakinkan kami bahwa mesin MRI sedang dalam keadaan mati. Dokter dan teknisi juga tidak mengatakan apa-apa," kata Harish Solanki, kerabat korban.

Namun, ketika Maru memasuki ruangan, ternyata mesin dalam keadaan menyala. Maru yang tengah membawa tabung oksigen langsung tertarik masuk ke mesin MRI dan terjepit bersama tabung oksigen yang dibawanya.

Solanki bersama petugas rumah sakit langsung berupaya menyelamatkan Maru. Korban dapat ditarik lepas dari mesin, tetapi tubuhnya sudah membengkak dan terluka parah.

Korban segera dibawa ke ruang gawat darurat, tetapi 10 menit kemudian meninggal. "Rajesh meninggal karena kecerobohan mereka (petugas rumah sakit)," kata Solanki.

Kasus ini telah dilaporkan kepada polisi dan pemeriksaan dilakukan terhadap dokter Siddhant Shah, petugas bangsal Vitthal Chavan yang kemudian ditahan.

"Kami telah menahan seorang dokter dan petugas yunior rumah sakit dengan Pasal 304 Undang-Undang Pidana India atas kelalaian yang menyebabkan kematian," kata juru bicara kepolisian Mumbai, Deepak Deoraj, dikutip AFP.

Kepala Rumah Sakit Amal BYL Nair Ramesh Bharmal menjanjikan akan dilakukan penyelidikan atas kasus ini. Ia menambahkan, rekaman CCTV telah diserahkan kepada polisi.

Sementara itu, pemerintah negara bagian Maharashtra mengumumkan kompensasi sebesar 500.000 rupee (sekitar Rp 105juta) untuk keluarga korban.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/29/16592481/insiden-di-rumah-sakit-pria-di-india-tewas-terisap-mesin-mri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke