Salin Artikel

Pasukan Peshmerga Siap Bantu Kurdi Suriah Menghadapi Turki

Mala Bakhtyar, seorang anggota senior Partai Uni Patriotik Kurdistan, menyebut, pasukan Peshmerga bisa dikirim ke Afrin di wilayah utara Suriah jika warga Kurdi Suriah dan koalisi AS mengizinkan.

"Jika kami bisa, kami akan membantu Afrin saat ini juga. Jika mereka mengizinkan, kami akan mengirim pasukan ke Afrin," kata Bakhtiyar kepada sejumlah jurnalis.

"Namun dengan catatan jika mereka mengizinkan kami. Sebelum mengirimkan pasukan kami akan mengirim delegasi ke Ankara untuk berdialog. Kami memilih dialog ketimbang perang," lanjut Bakhtiyar.

Pemerintah Regional Kurdi di Irak mengirimkan 150 tentara Peshmerga ke Suriah pada 2014 untuk membantu merebut kembali kota Kobani dari tangan ISIS.

Saat itu, Turki mengizinkan Peshmerga melintasi wilayahnya untuk masuk ke provinsi Aleppo di wilayah utara Suriah.

Namun, saat ini mengirimkan pasukan Kurdi ke wilayah utara Suriah nyaris tidak memungkinkan.

Turki menggelar operasi militer bersandi "Tangkai Zaitun" untuk memerangi pasukan Unit Pelindung Rakyat Kurdi (YPG) sejak akhir pekan lalu.

Operasi militer ini digelar menyusul pengumuman bahwa pasuka n koalisi pimpinan AS di Suriah akan membentuk "pasukan keamanan perbatasan" untuk mencegah ISIS kembali ke Suriah.

Namun, Ankara melihat pasukan Kurdi Suriah ini merupakan perpanjangan tangan dari pemberontak Kurdi PKK yang menjadi musuh lama pemerintah Turki.

Sehingga, Ankara melihat kehadiran pasukan PKK di perbatasan dengan negeri itu merupakan ancaman keamanan.

Untuk melenyapkan ancaman tersebut Turki dengan bantuan FSA berencana menciptakan kawasan penyangga seluas 30 kilometer di wilayah Afrin.

Distrik Afrin memiliki 500.000 jiwa penduduk, termasuk para pengungsi dari daerah lain di Suriah.

Pemerintah Suriah sebelumnya sudah memperingatkan, jika pasukan Turki masuk ke Afrin maka hal itu akan dianggap sebagai sebuah agresi militer.

Pemerintah Suriah mengatakan, jika hal itu terjadi militer negeri itu akan memberikan balasan semestinya termasuk menembaki pesawat-pesawat tempur Turki.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/23/19044441/pasukan-peshmerga-siap-bantu-kurdi-suriah-menghadapi-turki

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.