Salin Artikel

Rombongan Pejabat Korea Selatan Survei Resor Ski di Korea Utara

PYONGYANG, KOMPAS.com - Setelah delegasi Korea Utara yang berkunjung ke Seoul untuk inspeksi panggung konser Olimpiade Musim Dingin, kali ini giliran pejabat Korea Selatan yang melawat ke Pyongyang.

Tim delegasi Korea Selatan yang terdiri dari 12 pejabat itu berangkat dari Seoul, Selasa (23/1/2018) dan akan melakukan kunjungan selama tiga hari.

Kunjungan delegasi Korsel bertujuan untuk survei venue yang akan digunakan sebagai tempat latihan bersama atlet menjelang even olimpiade di Pyeongchang, Maret mendatang.

Survei diawali dengan mengunjungi fasilitas ski di gunung Kumgang, kemudian berlanjut ke resor ski di Masikryong. Demikian dilaporkan pejabat Korea Selatan yang dikutip Yonhap.

Survei di resor ski Masikryong dilakukan untuk melihat standar fasilitas apakah telah memenuhi persyaratan yang tepat untuk pelatihan ski Alpine dan cross country, dua nomor olahraga di mana Korea Utara akan bersaing di Olimpiade Musim Dingin mendatang.

Kunjungan pejabat Korea Selatan yang dipimpin Lee Joo-tae, direktur jenderal pertukaran dan kerja sama antar-Korea di Kementerian Unifikasi ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan sejak sejak Februari 2016.

Kedatangan delegasi Korea Selatan ke wilayah negara tetangganya di utara tersebut dilangsungkan di tengah desakan pemerintah Pyongyang yang menuntut pemerintahan Seoul meminta maaf kepada negaranya.

Hal tersebut menyusul protes yang dilakukan warga Korea Selatan, yang diwarnai aksi pembakaran foto pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in terus mendorong agar ada perbaikan hubungan pemerintahannya dengan rezim Kim Jong Un melalui gelaran Olimpiade Musim Dingin 2018.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/23/17101541/rombongan-pejabat-korea-selatan-survei-resor-ski-di-korea-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke