Salin Artikel

Laut Membeku, Kapal Perang AS Terjebak di Perairan Kanada

Salah satu kapal perang AS itu terperangkap di laut yang membeku di pelabuhan Montreal, Kanada dan kemungkinan besar harus menghabiskan musim dingin di tempat itu.

USS Little Rock, kapal perang kelas Freedom, tak bisa mengejar jadwal tugas militernya. Seharusnya kapal itu tiba di Pangkalan AL Mayport di Florida dari Buffalo, New York pada 16 Desember lalu.

Setelah perjalanannya terhambat cuaca buruk, USS Little Rock menemui masalah baru dalam perjalanannya ke Montreal, meski tiba dengan selamat pada 27 Desember lalu.

Seharusnya kapal itu hanya bersandar di Montreal kurang dari satu hari tetapi cuaca buruk menghambat jadwal perjalanannya.

Kali ini, USS Little Rock terjebak air laut yang membeku dan harus menunggu hingga musim semi untuk melanjutkan pelayarannya.

"Kondisi cuaca yang buruk membuat kapal ini tak bisa meninggalkan Montreal pada awal bulan ini dan kondisi beku semakin memburuk," ujar seorang juru bicara angkatan laut kepada media.

Juru bicara itu menambahkan, USS Little Rock akan tetap berada di Montreal hingga cuaca membaik dan kapal itu bisa berlayar dengan selamat melintasi St Lawrence Seaway, kanal yang menghubungkan Kanada dan AS.

Masalahnya, jalur pelayaran di kawasan itu ditutup selama Januari dan akan dibuka kembali pada Maret mendatang.

Terperangkap di laut yang membeku hanya salah satu masalah yang dihadapi kapal-kapal perang AS.

Masalah lainnya adalah terulangnya insiden tabrakan yang tahun lalu setidaknya terjadi sebanyak tiga kali.

Musim panas tahun lalu dua tabrakan terjadi, salah satunya melibatkan USS Fitzgerald dsn USS John S McCain yang menewaskan 17 orang pelaut.


https://internasional.kompas.com/read/2018/01/22/17113711/laut-membeku-kapal-perang-as-terjebak-di-perairan-kanada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke