Salin Artikel

Terjebak di Badai Salju Semalaman, Dua Pendaki Gunung Terselamatkan

GLENCOE, KOMPAS.com - Dua orang pendaki di pegunungan Skotlandia nyaris tidak selamat setelah terjebak di alam pegunungan saat badai salju.

Keduanya sempat menghubungi kepolisian Skotlandia pada Jumat (19/1/2018) untuk melaporkan kondisi mereka yang terjebak di wilayah dataran tinggi Bidean Nam bain di Glencoe.

Namun tim penyelamat tak dapat segera menemukan lokasi mereka karena terhalang cuaca buruk.

Barulah setelah menghabiskan waktu semalam di luar tanpa tempat berlindung, kedua pendaki ditemukan di tempat yang berbahaya di atas ketinggian 3.000 kaki dari permukaan laut.

Kedua pendaki ditemukan oleh petugas penyelamat yang melakukan pencarian menggunakan helikopter keesokan harinya.

Mereka kemudian diangkut menggunakan helikopter tersebut dan dibawa ke tempat aman pada Sabtu (20/1/2018) pagi, sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

"Kedua pendaki telah kami bawa ke Torlundy di Fort William sebelum kemudian kami serahkan kepada petugas ambulans Skotlandia untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata pernyataan petugas penyelamat dari HM Coastguard.

"Pegunungan di Inggris tidak bisa dianggap remeh karena dapat berbahaya terhadap pendaki paling berpengalaman sekalipun."

"Kondisi cuaca yang tidak menentu bisa berubah menjadi sangat berbahaya hanya dalam hitungan menit. Membuat sulit melakukan navigasi," tambahnya.

Badan Meteorologi setempat telah memperbarui peringatan cuaca dengan salju dan es yang dapat menutupi bagian selatan Inggris.

Peringatan tersebut mencakup sebagian besar Skotlandia, Wales utara dan Inggris utara hingga malam hari.

Suhu dapat turun drastis dalam semalam, hingga titik terendah minus 13,5 derajat celsius di desa Dataran Tinggi Dalwhinnie, sementara suhu beku tercatat sejauh selatan bandara London Luton.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/21/21385471/terjebak-di-badai-salju-semalaman-dua-pendaki-gunung-terselamatkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke