Salin Artikel

Taliban Klaim Serangan ke Hotel di Kabul, Lima Orang Dilaporkan Tewas

KABUL, KOMPAS.com - Kelompok Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap hotel mewah di ibu kota Afghanistan, Sabtu (20/1/2018) malam.

Lima orang, termasuk satu wanita warga negara asing, dilaporkan menjadi korban tewas dalam penyerangan yang berlangsung hingga 12 jam tersebut.

Pemerintah Afghanistan mengklaim aksi penyerangan oleh empat pria bersenjata ke hotel Intercontinental di Kabul telah berakhir. Seluruh pelaku penyerangan dilaporkan tewas.

Serangan dimulai pada Sabtu malam, sehari setelah kedutaan besar AS di Afghanistan memperingatkan akan adanya aksi teror di hotel di Kabul.

Akibat serangan tersebut setidaknya lima orang menjadi korban tewas, dengan enam lainnya dilaporkan mengalami luka. Lebih dari 150 orang, termasuk 41 warga negara asing, telah diselamatkan.

Demikian disampaikan juru bicara kementerian dalam negeri Afghanistan, Najib Danish, dikutip dari The Independent.

Manajer Hotel, Ahmad Haris Nayab, yang berhasil menyelamatkan diri tanpa terluka, mengatakan para penyerang masuk dari bagian belakang dapur, sebelum menuju bangunan utama dan melancarkan aksinya.

Para pengunjung dan tamu hotel sebagian menyelamatkan diri ke atap hotel enam lantai itu, kemudian mencoba turun dari luar gedung menggunakan potongan seprai yang diikat menjadi satu.

Sehari sebelum serangan, hotel tersebut juga menjadi tuan rumah gelaran konferensi teknologi informasi, sehingga lebih dari 100 orang dari pakar TI dan insinyur berada di lokasi saat terjadinya serangan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/21/18222151/taliban-klaim-serangan-ke-hotel-di-kabul-lima-orang-dilaporkan-tewas

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.