Salin Artikel

Empat Roket Milisi Kurdi Hantam Kota Kilis di Selatan Turki

KILIS, KOMPAS.com - Kota di selatan Turki yang berbatasan langsung dengan Suriah dihantam empat roket pada Minggu (21/1/2018) pagi.

Roket diduga ditembakkan milisi Kurdi di Suriah, beberapa jam setelah dimulainya operasi militer Turki melawan kelompok tersebut.

Tidak ada korban tewas akibat serangan roket. Hanya seorang wanita dilaporkan mengalami luka, serta satu bangunan yang mengalami kerusakan akibat dihantam roket.

"Tidak ada korban jiwa. Mereka bisa menembakkan sebuah roket ke arah kita dan kita akan membalasnya dengan 100 roket. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata Gubernur Kilis, Mehmet Tekinarslan dikutip kantor berita Dogan.

Dilaporkan media tersebut, roket yang menghantam kota Kilis ditembakkan dari markas di sekitar kota Afrin di Suriah, yang dikuasai milisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG), yang telah dilabeli teroris oleh Turki.

Serangan balasan juga telah dilancarkan dengan menembakkan peluru artileri ke arah markas yang menembakkan roket.

Militer Turki pada Sabtu (20/1/2018) telah memulai operasi besar dengan tujuan mengusir kelompok YPG dari Afrin.

Turki menuduh YPG menjadi cabang Suriah dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melakukan pemberontakan di tenggara Turki selama lebih dari tiga dekade dan dianggap sebagai kelompok teror oleh Ankara dan sekutu negara Barat.

Namun YPG juga telah menjadi sekutu penting NATO dalam memerangi kelompok ISIS dan berperan dalam mendorong organisasi teroris itu keluar dari Suriah.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/21/15292961/empat-roket-milisi-kurdi-hantam-kota-kilis-di-selatan-turki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke