Salin Artikel

Meksiko Jual Kerangka Dinosaurus untuk Perbaiki Bangunan Sekolah

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sebuah fosil kerangka dinosaurus berusia 165 juta tahun akan dilelang di Meksiko sebagai bagian dari acara penggalangan dana guna membangun kembali sekolah-sekolah yang roboh maupun rusak akibat gempa pada September 2017 lalu.

Fosil dinosaurus yang akan dilelang yakni sebuah kerangka ekor sepanjang sekitar empat meter dengan berat hingga 180 kilogram.

Penjualan fosil kerangka dinosaurus yang ditemukan di Moroko tersebut melalui rumah lelang Morton yang akan ditutup pada 23 Januari 2018.

Dikutip dari Morocco World News, fosil akan dilelang dengan harga dasar 95.805 dolar AS (sekitar Rp 1,2 miliar).

Nantinya, hasil lelang di atas harga dasar akan disumbangkan kepada Yayasan BBVA Bancomer yang menangani rekonstruksi sekitar 5.000 bangunan sekolah yang rusak.

"Pendidikan merupakan elemen yang sangat penting bagi negara, sebagai elemen penggerak sosial. Karena itulah kami mendukung rekonstruksi sekolah," kata Adolfo Albo dari Yayasan BBVA Bancomer.

Fosil kerangka ekor dinosaurus yang akan dilelang itu, diyakini merupakan bagian dari spesies dinosaurus Atlasaurus yang menjelajahi Pegunungan Atlas di Maroko pada 165 juta tahun lalu.

Penjualan fosil kerangka dinosaurus pernah dilakukan pada Februari 2017 lalu di Perancis.

Namun kemudian memicu kontroversi setelah Asosiasi Perlindungan Warisan Geologi di Maroko mengecam penjualan tersebut.

Penjualan itu akhirnya dibatalkan dan fosil kerangka dikembalikan ke Maroko dua bulan kemudian.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/19/17125831/meksiko-jual-kerangka-dinosaurus-untuk-perbaiki-bangunan-sekolah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.