Salin Artikel

Tak Mau Bebani Keluarga, Penderita Kanker Ini Kabur dari Rumah

Pria yang hanya diidentifikasi bemarga Xia ini tingal di wilayah Panan, provinsi Zhejiang, China. Demikian dikabarkan harian Qianjiang Evening News.

Xia sudah lama menderita kanker. Media lokal tak menjelaskan jenis kanker yang diidap pria itu tetapi dia sudah menjalani kemoterapi dan sejumlah pembedahan.

Nampaknya, Xia sudah pasrah dengan kondisi kesehatannya dan tak ingin membebani keluarga dengan biaya pengobatan yang mahal.

Akhirnya, suatu hari dia memutuskan pergi dari kediamannya dan meninggalkan sepucuk surat untuk istri dan anak-anaknya.

"Saya meninggalkan rumah bukan karena kalian tidak merawat saya, tetapi justru karena kalian merawat saya dengan amat baik," ujar Xia dalam suratnya.

"Saya sudah tak tahan lagi hidup seperti ini dan saya tak ingin membuat keluarga saya jatuh dalam kemiskinan," tambah dia.

"Setelah saya meninggal, carilah seorang pria baik yang sehat untuk mendampingimu selamanya. Saya akan merestuinya," tambah Xia.

Surat itu kemudian ditemukan sang istri yang langsung menjadi panik dan melaporkan hilangnya sang suami ke kepolisian.

Polisi kemudian melakukan pencarian dan akhirnya menemukan Xia berada di dalam sebuah gua bekas tambang batu bara yang sudah tak beroperasi di sebuah desa terpencil.

Saat ditemukan polisi dan diantar pulang, sang istri memeluk erat-erat Xia, sang suami yang amat dicintainya itu.

Kepada polisi Xia mengatakan, sebelum masuk ke dalam gua dia menenggak pestisida dengan harapan bisa mempercepat kematiannya.

Mendengar pengakuan itu, polisi membawa Xia ke rumah sakit. Setelah dokter membersihkan perut dan memeriksa darah Xia, mereka mengizinkan pria tersebut pulang.

Sementara itu, putri Xia, yang tak disebutkan namanya, mengatakan bahwa ayahnya menuliskan surat tersebut untuk seluruh keluarga.

Xia, menurut sang putri, menjadi cemas karena masalah keuangan untuk membayar perawatan medisnya, terutama saat kondisinya semakin memburuk.


https://internasional.kompas.com/read/2018/01/18/18285901/tak-mau-bebani-keluarga-penderita-kanker-ini-kabur-dari-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke