Salin Artikel

Pertama Kali, Perempuan Saudi Tonton Pertandingan Bola di Stadion

Dilansir dari CNN, pertandingan itu merupakan pertama kalinya bagi perhelatan olahraga besar yang terbuka untuk perempuan di kerajaan Saudi.

Reformasi ambisius oleh putra mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada Oktober 2017 telah melonggarkan aturan ketat tentang pemisahan gender.

"Hari ini, Anda membawa kebahagiaan kepada setiap keluarga dan perempuan di Saudi yang menghadiri pertandingan pertama mereka," kata Reema Bandar Al Saud, wakil otoritas olahraga.

Reformasi itu telah membuka stadion King Fahd di Riyadh, stadion Raja Abdullah Sport City di Jeddah, dan stadion Pangeran Mohammed Bin Fahd di Dammam untuk seluruh perempuan dan keluarga. Sebelumya, ketiga stadion itu hanya untuk laki-laki saja.

Pada Jumat kemarin, para penonton, termasuk perempuan terlihat bersorak saat menyakiskan pertandingan antara Al Ahli FC dan Al Batin FC di Liga Profesional Saudi.

Otoritas bidang olahraga di Saudi telah menyediakan semua akomodasi untuk menciptakan lingkungan olahraga yang atraktif bagi keluarga dan menyediakan semua kebutuhan untuk menjamin privasi mereka.

Pintu masuk keluarga tetap dibuka oleh petugas perempuan di gerbang. Stadion ini juga membuka area shalat, kafe, dan medis khusus perempuan.

Kerajaan Saudi juga sedang membangun pilar baru, termasuk pemberdayaan pemuda, organisasi sosial, dan pemberdayaan perempuan. Negara tersebut berkeinginan untuk meningkatkan partisipasi perempuan di pasar kerja dan aspek kehidupan lainnya.

Sebelumnya, perempuan di Saudi telah mendapat pengalaman langka dengan datang ke stadion pada 23 September 2017.

Saat itu, mereka hadir di Stadion King Fahd untuk merayakan hari kelahiran Kerajaan Saudi

Sejak Pangeran Mohammed menjadi putra mahkota, Saudi yang dikenal konservatif perlahan-lahan mulai moderat.

Sebelum memperbolehkan perempuan datang ke stadion, Saudi terlebih dahulu mengizinkan perempuan mengendarai mobil.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/13/12120001/pertama-kali-perempuan-saudi-tonton-pertandingan-bola-di-stadion

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke