Salin Artikel

Trump Sebut Haiti dan Afrika "Wilayah Busuk"

Pernyataan tersebut diungkapkan ketika Trump berdialog dengan sejumlah anggota Kongres, Kamis (11/1/2018).

Dilaporkan The Washington Post, sumber di Gedung Putih mengemukakan, saat itu senator Demokrat, Richard Durbin, berkata, Kongres bisa menghapus sistem "visa lotre".

Visa lotre adalah pemberian status warga permanen AS berdasarkan Undang-Undang Imigrasi 1990.

Setiap tahun, Departemen Imigrasi bakal menyeleksi orang-orang yang berasal dari negara dengan tingkat imigrasi terendah untuk menerima status tersebut.

Program tersebut dikritik banyak kalangan di AS karena jika diberikan kepada orang yang salah, bakal membuat AS jatuh ke dalam aksi terorisme.

Sumber itu lalu melanjutkan, sebagai ganti dari penghapusan visa tersebut, Kongres ingin memulihkan perlindungan kepada imigran asal Haiti, El Salvador, dan negara di Afrika.

Perlindungan tersebut merupakan bagian dari kesepakatan imigrasi bipartisan.

Trump kemudian menanggapinya dengan sebuah pernyataan yang mengejutkan. "Mengapa kita harus menerima wilayah shithole (busuk) itu ke sini?" tanya Trump.

Trump kemudian kembali bertanya, mengapa mereka tidak menerima saja imigran dari Norwegia, merujuk kepada pertemuannya dengan Perdana Menteri Erna Solberg, Rabu (10/1/2018).

Gedung Putih kemudian melansir pernyataan resmi yang sama sekali tidak membantah kabar tersebut.

Deputi Menteri Media Massa Raj Shah berkata bahwa keberpihakan para politisi di Washington kepada beberapa negara asing bisa dipahami.

"Namun, satu hal yang pasti, Presiden Trump berjuang bagi rakyat Amerika," kata Shah dilansir dari NBC News.

Shah melanjutkan, Trump bakal berusaha menolak segala bentuk aturan imigrasi yang nantinya bisa menghambat kehidupan warga AS.

Kalangan oposisi menyebut, ucapan presiden 71 tahun tersebut merupakan penegasan dia anti-imigran.

"Kami semua tahu bahwa Presiden Trump tidak suka dengan orang dari negara dengan warna kulit berbeda," kata anggota Kongres, Luis Gutierrez, kepada Sky News, Jumat (12/1/2018).

Mia Love, senator asal Republik yang notabene adalah kubu Trump, langsung berang dengan kabar tersebut. Sebab, Love berasal dari keturunan Haiti.

"Komentar Trump tidak elite dan telah menampar wajah negara ini. Saya menuntut Presiden meminta maaf!" kata Love dilansir dari NBC News.

Ini bukan pertama kali Trump membuat komentar kontroversial mengenai status imigran.

Pada pertemuan mengenai imigran di musim panas 2017, presiden ke-45 AS tersebut mengatakan bahwa imigran Haiti semuanya membawa AIDS, seperti dilansir New York Times.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/12/08445601/trump-sebut-haiti-dan-afrika-wilayah-busuk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke