Salin Artikel

Algojo ISIS Dibebaskan Polisi Irak Usai Bayar Suap Rp 100 Juta

Abu Omer, nama asli sang algojo, menjadi tenar setelah melemparkan para pria yang dituduh sebagai gay dari atap gedung atau merajam mereka hingga tewas.

Si Janggut Putih ini tertangkap setelah jejaknya diketahui setelah warga melaporkan tempat persembunyiannya kepada polisi.

Namun, setelah ditangkap, pria ini langsung dibebaskan setelah membayar suap sebesar Rp 100 juta kepada perwira polisi yang menahannya di Mosul.

"Saya sedang berada di Mosul saat petugas intelijen polisi menangkap seorang pria. Setelah diperiksa pria itu adalah ulama dari sisi barat sungai, seorang anggota ISIS," kata Zuheir Hazzen el-Jaburi, pejabat setempat.

"Saya kemudian bertanya-tanya siapa orang itu sebenarnya dan polisi membuktikan dia adalah seorang ulama ISIS. Setelah dia ditahan, pria itu meninggalkan sebuah sepeda motor. Sejam kemudian sepeda motor itu sudah tidak ada," tambah el-Jaburi.

"Kami kemudian melakukan penyelidikan. Dan berdasarkan informasi, pria itu dibebaskan setelah membayar uang sebesar 7.500 dolar AS," lanjut dia.

Terkenal karena janggut putihnya yang panjang, Omer tak hanya dikenal sebagai salah satu pemimpin ISIS tetapi juga sebagai algojo.

Dia dikabarkan kerap terlihat dalam video-video propaganda ISIS terutama yang terkait eksekusi terhadap kelompok gay.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/10/14291711/algojo-isis-dibebaskan-polisi-irak-usai-bayar-suap-rp-100-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke