Salin Artikel

Militer Myanmar Tuduh Kelompok Militan Lukai Enam Tentara

Dilansir dari Associated Press, Sabtu (6/1/2018), pihak militer Myanmar menyatakan dalam laman Facebook mengenai penyerangan tersebut.

Mereka mengklaim sekitar 20 pejuang dari Angkatan Bersenjata Arakan Rohingya telah menyerang truk yang mengangkut tentara dari kota Taungpyo, di Rakhine, pada Jumat (5/1/2018).

Petugas polisi perbatasan, Sann Oo, menyatakan enam tentara dilarikan ke rumah sakit militer akibat insiden tersebut.

Kelompok Angkatan Bersenjata Arakan Rohingya juga dituduh melakukan serangan ke pos polisi pada Agustus 2017, yang memicu tindakan keras dari militer.

Sebanyak ribuan orang tewas dalam serangan tahun lalu, dan lebih dari 650.000 orang dari etnis Rohingya mengungsi.

Pada September 2017, PBB menyebut operasi militer terhadap etnis Rohingya sebagai pembersihan etnis. Amerika Serikat juga menyatakan hal serupa sehingga memberlakukan sanksi kepada pimpinan militer Myanmar Maung Maung Soe.

Militer Myanmar telah mengeluarkan perintah penyelidikan internal  untuk membebaskan tentaranya yang dituduh melakukan pemerkosaan dan pembunuhan pada operasi militer di desa-desa etnis Rohingya.

https://internasional.kompas.com/read/2018/01/07/14085491/militer-myanmar-tuduh-kelompok-militan-lukai-enam-tentara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.