Salin Artikel

ISIS Klaim Serangan di Gereja Kristen Koptik Mesir

Melalui media propagandanya Amaq, ISIS mengeluarkan pernyataan bahwa kelompok tentaranya telah melancarkan serangan yang menewaskan 10 'tentara salib' termasuk petugas polisi.

Pernyataan itu juga menyebut salah seorang pejuangnya telah terbunuh.

Dilansir dari AFP, aksi teror penembakan terjadi dengan dua pelaku yang menyerbu Gereja Mary Mina di Distrik Helwan, kawasan selatan Kairo.

Juru bicara kementerian kesehatan, Khaled Megahed mengatakan, insiden tersebut menewaskan setidaknya sembilan orang, tiga di antaranya polisi.

Satu orang tewas merupakan pelaku yang ditembak mati petugas. Sementara satu pelaku lainnya melarikan diri dan masih dalam pengejaran.

Namun kementerian dalam negeri menyebut pelaku, yang merupakan teroris yang dicari atas tuduhan menyerang polisi, hanya mengalami luka dan telah ditahan.

Pelaku membawa senapan serbu dengan 150 butir peluru di rompinya, serta sebuah bom yang diduga akan diledakkan di dalam gereja.

Insiden ini terjadi di kala umat Kristen Koptik tengah melaksanakan ibadah menyambut Natal versi mereka yang jatuh pada tanggal 7 Januari 2018.

Kristen Koptik di Mesir merupakan agama minoritas terbesar di Mesir dengan jumlah pengikut mencapai 10 persen dari total 93 juta jiwa penduduk Mesir.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/30/11250341/isis-klaim-serangan-di-gereja-kristen-koptik-mesir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke