Salin Artikel

China Bantah Masih Menjual Minyak kepada Korea Utara

Jurubicara Kementerian Luar Negeri, Hua Chunying mengatakan tidak ada laporan valid bahwa negaranya memasok minyak ke rezim Kim Jong Un.

"Kami tidak mengizinkan rakyat atau perusahaan di negara kami melakukan sesuatu yang melanggar resolusi PBB," kata Hua kepada kantor berita AFP Jumat (29/12/2017).

Hua menjelaskan, Beijing telah menyelidiki kabar bahwa ada kapal tanker yang memasok minyak untuk pengembangan senjata nuklir Korut.

Sejauh ini, beber Hua, Presiden Xi Jinping tidak menerima laporan kapal tanker masuk ke wilayah Korut.

"Saya kira kabar tidak penting ini bisa membahayakan kepercayaan dan kerja sama di antara AS dan China," tutur Hua.

Sebelumnya, Trump lewat kicauannya di Twitter mengaku sangat kecewa karena China masih menyuplai kebutuhan minyak Korut.

"Tertangkap basah, sangat kecewa China masih menyediakan minyak untuk Korea Utara. Tidak akan ada solusi bersahabat untuk mengatasi masalah Korea Utara jika hal ini terus terjadi," kicaunya.

Dilansir dari CNN, kicauannya Trump muncul setelah Korea Selatan melaporkan satelitnya menangkap gambar kapal-kapal China memindahkan minyak ke kapal Korea Utara.

Pejabat Gedung Putih dan beberapa Dewan Keamanan Nasional AS tidak dapat menjelaskan kicauan Trump. Mereka memilih tidak menanggapi laporan terbaru dari Korea Selatan.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/29/16515961/china-bantah-masih-menjual-minyak-kepada-korea-utara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke