Salin Artikel

Terkait Yerusalem, Ada 10 Negara yang Disebut Siap Ikuti Jejak AS

Pernyataan itu disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Hotovely di siaran radio publik pada Senin (25/12/2017) waktu setempat.

"Kami sedang berhubungan dengan sedikitnya 10 negara, beberapa dari jumlah itu berasal dari Eropa," katanya seperti dilansir dari AFP.

Komentarnya itu telontar sehari setelah pemerintah Guatemala akan memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.

Hotovely mengatakan, pernyataan Presiden AS Donald Trump akan memicu banyak gerakan, termasuk pemindahan perwakilan diplomat negara ke Yerusalem.

"Sejauh ini, kami hanya melihat ini sebagai permulaan," katanya.

Namun, dia tidak menyebut secara spesifik nama-nama negara yang bakal mengikuti jejak AS.

Radio publik itu mengutip sumber diplomat Israel menyebutkan negara seperti Honduras, Filipina, Romania, dan Sudan Selatan berada di barisan negara yang mungkin memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.

Seperti diketahui, dua pertiga negara anggota PBB pada pekan lalu menyetujui resolusi yang menolak langkah kontroversial Trump. Resolusi itu menyebutkan status Yerusalem harus diselesaikan melalui negoisasi.

Pengumuman Trump pada 6 Desember 2017 memicu kemarahan di wilayah Palestina dan di seluruh negara Muslim.

Israel memandang seluruh bagian kota Yerusalem sebagai ibu kota mereka yang tak dapat terbagi. Sementara rakyat Palestina melihat wilayah timur Yerusalem sebagai ibu kota negara masa depan mereka.

Tidak ada negara yang saat ini memiliki kedutaan besarnya di Yerusalem dan memilih menetapkan perwakilannya di ibu kota komersial Israel, Tel Aviv.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/26/07585961/terkait-yerusalem-ada-10-negara-yang-disebut-siap-ikuti-jejak-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke