Salin Artikel

Tentara Pembelot Korut Dapat Pasokan Kue Cokelat Gratis Seumur Hidup

Tentara yang hingga kini hanya disebut bernama Oh itu melintasi zona demiliterisasi dan mendapat luka tembakan.

Oh belum lama kembali sadar usai menjalani operasi untuk merawat luka tembak dan mengeluarkan cacing parasit dari dalam tubuhnya.

Dilaporkan surat kabar Korea Herald, salah satu hal yang diminta Oh setelah sadar adalah makanan ringan.

Menanggapi permintaan itu, sebuah perusahaan makanan ringan Orion, menjanjikan memberi pasokan kue cokelat bernama 'Choco Pie' seumur hidup selama dia tinggal di Korea Selatan.

Perusahaan asal Korea Selatan yang sudah berdiri sejak 1974 itu bahkan mengirimkan langsung 100 kotak Choco Pie ke ruangan tempat dia dirawat.

Meski Oh belum bisa memakannya sebelum benar-benar diizinkan oleh dokter.

"Kami mengirim Choco Pie untuk menyambut Oh yang tiba di Korea Selatan setelah mengalami kejadian yang sulit," tulis pernyataan resmi Orion dikutip The Independent.

Salah satu alasan pemberian hadiah penganan tersebut adalah lantaran Choco Pie yang resmi dilarang pemerintah Pyongyang sejak 2014.

Bagi warga Korea Utara, penganan ini juga menjadi simbol kemakmuran negara tetangganya itu.

Khawatir dengan hal tersebut, pemerintah Korea Utara bahkan menyebar propaganda bahwa Choco Pies berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Di pasar gelap, harga Choco Pie yang diselundupkan dari Korea Selatan bisa mencapai 10.000 won atau sekitar Rp 130.000 per buah.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/20/05150001/tentara-pembelot-korut-dapat-pasokan-kue-cokelat-gratis-seumur-hidup

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke