Salin Artikel

Bawa Tiga Astronaut, Pesawat Luar Angkasa Soyuz MS-07 Sukses Meluncur

Pesawat luar angkasa Soyuz MS -07 meluncur dari kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, pukul 13.21 waktu setempat. Kosmodrom Baikonur merupakan fasilitas peluncuran luar angkasa tertua dan terbesar yang masih beroperasi di dunia.

Dilansir dari AFP, tiga antariksawan yang dikirim untuk menjalan misi enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah Scott Tingle dari NASA, Anton Shkaplerove dari Roscosmos, dan Norishige Kanai dari Badan Eksplorasi Ruang Agkasa Jepang.

Badan Antariksa Rusia melaporkan penerbangan menuju ISS biasanya memakan waktu sekitar enam jam, namun karena posisi stasiun di angkasa saat ini mengharuskan trio itu menggunakan rute memutar dengan waktu tempuh dua hari.

Mereka direncanakan tiba ke ISS pada Selasa (19/12/2017), sebelum pukul 09.00 (GMT).

Bagi Tingle dan Kanai, penerbangan ke luar angkasa kali ini merupakan yang pertama kali. Sementara, Shkaplerov yang paling berpengalaman dalam misi tersebut.

Mantan pilot militer Rusia itu telah menghabiskan satu tahun di luar angkasa dalam dua misi yang berbeda. Misinya yang ketiga itu menandai hari ulang tahunnya di luar angkasa pada Februari tahun depan.

Sebelumnya, Shkaplerov menyatakan kepada wartawan dalam konferesi pers pra-penerbangan pada Sabtu (16/12/2017) tentang rencananya untuk memilih presiden Rusia dari luar angkasa pada pemilihan presiden Maret 2018.

"Kami, seperti semua warga negara Rusia, ikut serta dalam pemilihan presiden," katanya.

Sementara itu, Kanai adalah astronaut termuda dalam sejarah badan antariksa Jepang. Dia mendapatkan sertifikasi untuk melakukan perjalanan ke ISS pada 2011.

Tingle, merupakan lulusan Universitas Purdue di Indiana, AS, di mana astronaut legendaris AS Neil Armstrong juga menempuh pendidikan di universitas tersebut.

Rencananya, mereka akan bergabung dengan Alexander Iturkin dari Rusia dan Mark Vande Hei dan Joe Acaba yang berasal dari NASA di ISS.

RALAT: Artikel ini telah mengalami penyuntingan akibat kesalahan dalam menerjemahkan salah satu kata dalam artikel asli. Koreksi telah dilakukan dengan mengganti judul dan isi artikel. Redaksi mohon maaf atas kesalahan tersebut.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/17/15235811/bawa-tiga-astronaut-pesawat-luar-angkasa-soyuz-ms-07-sukses-meluncur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke