Salin Artikel

Kebakaran di California Ancam 18.000 Bangunan dan Rumah Selebriti

Peristiwa kebakaran ketiga terbesar di California itu diperkirakan akan mencapai perumahan mewah, termasuk rumah milik selebriti AS, Oprah Winfrey, dan selebriti lainnya.

Dilansir dari The Guardian, zona evakuasi ditingkatkan menjadi 27 km lebih panjang, dan 8 km lebih lebar, membentang dari pegunungan pesisir barat laut Los Angeles ke arah laut.

Sebelumnya, satu orang petugas pemadam kebakaran tewas pada Kamis (14/12/2017), Cory Iverson. Dia meninggal dunia karena menderita luka bakar dan menghirup asap ketika berupaya memadamkan api, di lembah dekat kota Fillmore.

Kematian Iverson menjadi pukulan hebat bagi para satuan pemadam kebakaran yang berjuang melawan api.

Steve Concialdi, pejabat pemadam kebarakan dari Orange County, mengatakan kematian Iverson menjadi peringatan bagi semua petugas, bahwa tingkat bahaya api dapat mengancam nyawa mereka.

"Kita Anda kehilangan salah satu anggota yang seperti saudara kandung, itu membuat semua anggota keluarga merasa sangat sulit," katanya.

Kebakaran tersebut juga telah menyebabkan kematian seorang perempuan berusia 70 tahun yang tewas dalam kecelakaan mobil, ketika mengendarai mobilnya di jalur evakuasi.

Kebakatan yang dipicu oleh api Thomas mulai menghabiskan hutan pada 4 Desember 2017 di Santa Paula. Concialdi menyebutkan api Thomas telah membakar area seluas 105.000 ha.

Kawasan tersebut juga telah mengibarkan 'bendera merah', tanda peringatan terkait kondisi panas, kering, dan berangin selama 13 hari berturut-turut. Sebuah peristiwa yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Sekitar 8.300 petugas pemadam kebakaran dari belasan negara bagian berupaya memadamkan api dengan dibantu 78 buldoser dan 29 helikopter yang telah menjatuhkan ribuan galon air.

Biaya pemadaman api tersebut diperkirakan sudah mendekati 89 juta dolar AS atau Rp 1,2 triliun.

Api di Ventura dan Santa Barbara juga telah membakar lebih dari 1.000 bangunan, termasuk lebih dari 750 rumah.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/17/13582071/kebakaran-di-california-ancam-18000-bangunan-dan-rumah-selebriti

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke