Salin Artikel

Netanyahu Balas Pernyataan Erdogan yang Sebut Israel Negara Teroris

PARIS, KOMPAS.com - Pernyataan keras dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang menyebut Israel sebagai negara teroris mendapat kecaman dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Hanya berselang jam setelah pernyataan Presiden Erdogan, PM Israel yang sedang dalam kunjungan ke Paris, Perancis balas menyebut Erdogan tak pantas berkomentar soal teroris.

Dalam kesempatan konferensi pers bersama dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron, Netanyahu menyebut Erdogan bukan sosok yang pantas menceramahinya soal moralitas.

"Saya tidak biasa menerima ceramah soal moralitas dari seorang pemimpin yang membom penduduk desa Kurdi di negara asalnya, yang memenjarakan wartawan, yang membantu Iran mengatasi sanksi internasional."

"Dan siapa yang membantu teroris, termasuk di Gaza, membunuh orang-orang yang tidak bersalah. Bukan orang yang berhak menceramahi kami," kata dia dikutip dari AFP.

Komentar tersebut juga langsung mendapat balasan dari juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin yang mengatakan, Israel sebaiknya segera mengakhiri kependudukan di wilayah Palestina daripada mengomentari pemimpin negara lain.

"Daripada membawa-bawa negara dan pemimpin kami, akan lebih baik jika Israel segera mengakhiri pendudukannya di atas wilayah Palestina," kata Kalin.

Hubungan diplomatik kedua negara dalam beberapa tahun terakhir sebenarnya mulai kembali terjalin. Namun Erdogan terus membela Palestina dan mengritik kebijakan Israel.

Erdogan bahkan sempat mengancam akan kembali memutus hubungan diplomatiknya dengan Israel, menyusul pengakuan AS terhadap Yerusalem sebaga ibu kota Israel.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/11/13215221/netanyahu-balas-pernyataan-erdogan-yang-sebut-israel-negara-teroris

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke