Salin Artikel

Pemenang Nobel Perdamaian Peringatkan Dampak Senjata Nuklir

Dilansir dari CNN, Minggu (10/11/2017), peringatan tersebut terlontar pada acara penghargaan Nobel Perdamaian tahun ini di Oslo, Norwegia, yang dimenangkan oleh Kampanye Internasional untuk Penghapusan Senjata Nuklir (ICAN).

"Kalian masing-masing merupakan bagian integral dari sistem kekerasan yang mengancam manusia," kata Setsuko Thurlow, seorang penyintas bom Hiroshima dan juru kampanye ICAN.

Thurlow meminta negara-negara yang memiliki senjata nuklir untuk segera melenyapkannya.

Komite Nobel Norwegia memilih kelompok tersebut sebagai pemenang hadiah perdamaian tahun ini atas perannya sebagai pendorong upaya kesepakatan PBB mengenai larangan penggunaan senjata nuklir.

Perjanjian tersebut disetujui pada 7 Juli 2017 dengan dukungan daari 122 negara. Perjanjian tersebut melarang kegiatan nuklir, termasuk melakukan pengembangan, pengujian, produksi, pembuatan, perolehan, kepemilikan atau penimbunan senjata nuklir.

Dia juga menceritakan kisahnya sebagai anak sekolah berusia 13 tahun pada 1945 yang harus menyaksikan teman sekelas yang kehilangan anggota tubuhnya, setelah Amerika Serikat menjatuhkan sebuah bom atom di Hiroshima.

Thurlow selamat, namun sebagian besar teman sekelasnya tidak demikian. Keponakannya yang berusia 4 tahun terbunuh dalam peristiwa bom tersebut.

"Dia terus meminta air dengan suara samar sampai kematian melepaskannya dari penderitaan," kata Thurlow.

Dia mengatakan kisah tragis keponakannya mengingatkannya pada semua anak di dunia sekarang ini, yang hidup di bawah ancaman senjata nuklir.

"Kita tidak boleh bersikap toleran terhadap kegilaan ini (nuklir)," katanya.

AS, Inggris, Perancis, Rusia, dan China, merupakan lima nefara permanen dalam Dewan Keamanan PBB, yang seluruhnya memiliki senjata nuklir, dan tidak berpartisipasi dalam negoisasi itu.

Korea Utara, yang telah meluncurkan enam kali uji coba senjata mematikan tersebut, juga tidak ikut dalam perjanjian.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/11/08413001/pemenang-nobel-perdamaian-peringatkan-dampak-senjata-nuklir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke