Salin Artikel

Pejuang Perancis Gabung Pasukan ISIS di Afghanistan

KABUL, KOMPAS.com - Sejumlah pejuang militan yang berasal dari Perancis, Aljazair dan Suriah terlihat tiba di wilayah utara Afghanistan.

Menurut keterangan sejumlah sumber internasional, para pejuang itu akan bergabung dengan pasukan di Afghanistan dan mendirikan basis militer ISIS yang baru.

Dilaporkan AFP, ini adalah kali pertama pejuang ISIS asal Perancis terlihat di Afghanistan.

Para ahli berpendapat, para pejuang asing itu mungkin akan menuju negara-negara yang dilanda perang setelah terusir dari Irak dan Suriah.

Gubernur distrik Darzab Mohammad Dawar, di utara provinsi Jowzjan yang dikuasai ISIS mengatakan, sejumlah warga negara Aljazair dan Perancis telah memasuki kawasan tersebut.

Dawar menambahkan, ada dua wanita yang datang bersama rombongan tersebut. Mereka juga membawa penterjemah dari Tajikistan, Ceko dan Uzbekistan.

Sumber keamanan Eropa dan Afghanistan di Kabul tak membantah pernyataan Dawar, namun menambahkan jumlah warga asal Perancis yang bergabung tak dapat dipastikan.

Juru bicara gubernur Jowzjan, Mohammad Raza Ghafoori mengatakan, sejumlah laki-laki dan perempuan yang berbicara dalam bahasa Perancis tampak melatih pejuang ISIS di Darzab.

Informasi tersebut diperkuat laporan dari warga yang mengatakan ada sekitar 200 orang asing yang mendirikan kamp beberapa ratus meter di luar desa Bibi Mariam.

Para orang asing itu terlihat melatih para pejuang dan merekrut sekitar 50 anak-anak, beberapa masih berusia 10 tahun.

Seorang warga lokal, yang menyebut dirinya Hajji mengatakan orang asing itu berasal dari beberapa negara, termasuk Perancis. Badan mereka tinggi dan berusia 20-an, serta mengenakan pakaian militer.

"Mereka mengendarai motor ke perbatasan dan kembali lagi. Namun mereka tidak berbicara pada siapapun," ujarnya.

Beberapa pejabat Eropa percaya para pejuang tersebut tiba di Afghanistan melalui Tajikistan. Setidaknya satu warga Perancis telah ditahan di sana dan mengaku ingin bergabung dengan ISIS.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/10/16422381/pejuang-perancis-gabung-pasukan-isis-di-afghanistan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke