Salin Artikel

Militer Korea Selatan akan Bentuk Unit Tempur Pesawat Nirawak

SEOUL, KOMPAS.com - Angkatan darat Korea Selatan mempunyai rencana membentuk sebuah unit tempur menggunakan drone atau pesawat tanpa awak yang dilengkapi senjata.

Rencana tersebut diharapkan dapat terwujud pada tahun depan untuk membantu dalam menghadapi ancaman Korea Utara. Demikian dilaporkan dalam pernyataan resmi pada Selasa (5/12/2017).

Angkatan darat akan menyebut aset pertahanan yang masih dalam perencanaan itu dengan nama "dronebot" atau gabungan dari kata "drone" atau pesawat tanpa awak dan "robot".

"Angkatan darat tengah berencana mendirikan sebuah organisasi khusus untuk mengembangkan dronebot ini."

"Nantinya organisasi ini akan bertugas membangun perangkat standar dan memperluas program dronebot berdasarkan fungsinya," kata salah seorang pejabat angkatan darat yang tak ingin disebutkan namanya.

Dikutip dari Yonhap, sebagai awalan, angkatan darat akan meluncurkan unit tempur dronebot pada tahun depan dan berharap dapar menjadikannya pengubah arah dalam peperangan.

Nantinya, tim tersebut akan mengoperasikan dronebot untuk melakukan pengintaian terhadap obyek vital Korea Utara, seperti situs nuklir dan misil.

Ke depan, rencananya dronebot juga akan bisa dikerahkan untuk melakukan operasi penyerangan.

Angkatan darat Korea Selatan juga tengah mempertimbangkan untuk mencontoh unit militer sejenis yang telah diterapkan militer Israel.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/06/23555031/militer-korea-selatan-akan-bentuk-unit-tempur-pesawat-nirawak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke