Salin Artikel

Pemimpin Tersingkir Catalonia Belum Bersedia Kembali ke Spanyol

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pemimpin tersingkir Catalonia Carles Puigdemont mengatakan bakal tinggal di Belgia untuk sementara meskipun Spanyol telah mencabut perintah penangkapannya.

Puigdemont beralasan, pemerintah Spanyol menarik perintah penangkapan terhadap dirinya dan empat mantan menteri Catalonia hanya karena takut pada opini masyarakat dunia.

Dia mengatakan akan kembali ke Catalonia hanya jika partainya meraih kemenangan dalam pemilihan yang akan dilangsungkan pada 21 Desember 2017 mendatang.

"Saat saya tiba di sini, saya tidak tiba di Belgia. Saya datang ke Brussels sebagai ibu kota Eropa, di mana kami dapat mempertahankan hak-hak kami dengan lebih baik."

"Dan hal tersebut tidak akan berubah," kata Puigdemont dalam konferensi pers usai keputusan penarikan perintah penangkapannya oleh Spanyol.

"Bisakah kami bergerak di sekitar Uni Eropa tanpa rasa takut? Saat ini kami belum punya jawabannya. Untuk saat ini kami akan tetap di sini," tambahnya dikutip dari AFP, Rabu (6/12/2017).

Sebelumnya pada Senin (4/12/2017), secara mengejutkan Hakim Agung Spanyol Pablo Llarena menarik surat perintah penangkapan internasional untuk Puigdemont dan empat menterinya.

Alasannya, kelima orang yang dicari itu telah menunjukkan niat untuk kembali ke Spanyol untuk ambil bagian dalam pemilihan regional.

Namun Spanyol juga mengatakan akan tetap menahan separatis jika mereka kembali.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/06/20555041/pemimpin-tersingkir-catalonia-belum-bersedia-kembali-ke-spanyol

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke