Salin Artikel

ISIS Rilis Poster Ancaman Serangan ke Inggris Jelang Natal

LONDON, KOMPAS.com - Sejumlah poster yang menggambarkan ancaman serangan ISIS di Inggris bermunculan di dunia maya.

Salah satu poster yang belum lama dirilis menampilkan gambar sosok seorang anggota ISIS yang membawa amunisi, mengenakan jaket dan tas punggung tengah menyusuri Oxford Street di pusat kota London.

Juga tampak gambar bus tingkat khas Inggris, Double Decker, sedang melintas di jalan yang telah dihiasi ornamen Natal.

Tagline poster tersebut bertuliskan "Mulai sekarang dan seterusnya kita akan datang menyerang mereka dan mereka tidak akan datang untuk menyerang kita".

Pesan tersebut seolah menunjukkan ISIS tidak akan lagi bertempur di negara mereka di Irak dan Suriah melainkan akan mulai menyerang negara-negara barat, termasuk Inggris.

Gambar yang lain menunjukkan pisau berdarah di atas foto Ratu Elizabeth II dan bendera Inggris, dengan pesan "Dalam pengawasan.. segera".

Kota-kota negara barat seperti New York, Paris, dan Roma kerap disebut dalam poster bernada ancaman teror ISIS, terlebih saat mendekati perayaan Natal dan Tahun Baru.

Poster-poster tersebut dirilis media yang berafiliasi dengan ISIS, Wafa Media Foundation. Mereka terus menebar ancaman di tengah kekalahan yang dialami ISIS di Suriah dan Irak.

Kekhawatiran juga muncul setelah adanya informasi intelijen yang mengatakan ratusan anggota ISIS tengah bergerak meninggalkan Suriah dan menuju Inggris dan Eropa.

Rita Katz, Direktur SITE Intelligence Group, yang terus menelusuri aktifitas organisasi jihad mengatakan, perilisan poster ancaman memang menjadi spesialisasi Wafa Media Foundation.

"Ancaman dari Wafa, seperti yang baru-baru ini mereka keluarkan bisa menjadi perintah yang ditujukan pada anggota yang bergerak sendirian menyusul ISIS yang kehilangan wilayah kekuasaan di Irak dan Suriah."

"Ancaman ini harus ditanggapi secara serius," kata Katz dikutip Express.

Setahun lalu, sebuah serangan teror truk telah menewaskan 12 orang dan melukai 56 lainnya dalam aksi teror di pasat Natal di Berlin.

Insiden itu telah mendorong dilakukannya pengamanan yang lebih ketat saat pasar Natal di seluruh Eropa.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/05/17070411/isis-rilis-poster-ancaman-serangan-ke-inggris-jelang-natal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke