Salin Artikel

Swiss Siap Repatriasi Dana Hasil Korupsi Mantan Diktator Nigeria

Dilansir dari AFP, Selasa (5/12/2017), dana telah disita pengadilan Swiss pada akhir 2014. Pada Maret lalu, Swiss dan Nigeria sepakat untuk menandatangani persetujuan repatriasi dana tersebut.

"Sesuai dengan kebijakan pelunasan aset nasional yang diambil secara ilegal, Swiss telah sepakat dengan Nigeria dan Bank Dunia untuk mengembalikan hampir 321 juta dolar AS untuk masyarakat Nigeria," kata pemerintah Swiss dalam sebuah pernyataan.

Di bawah pemerintahan militernya, yang berkuasa mulai 1993 hingga kematiannya pada 1998, dia juga dituduh menggelapkan dana dari bank sentral Nigeria sebesar 2,2 miliar dolar AS.

Tindakan tersebut mendapat julukan dari AS sebagai "aksi kleptomania yang tak tahu malu".

Pernyataan pemerintah Swiss menyebut dana tersebut telah membeku dalam prosedur yang legal oleh jaksa penuntut umum Jenewa, melawan Abba Abacha, putra Sani Abacha.

Pengembalian dana tersebut akan didukung dan diawasi Bank Dunia, sekaligus perlunya gerakan untuk memperkuat keamanan sosial bagi masyarakat miskin di Nigeria.

Ketika kesepakatan itu diumumkan, Menteri Luar Negeri Swiss, Didier Burkhalter mengatakan, melawan aksi korupsi merupakan salah satu prioritas pemerintah Swiss.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari yang telah memimpin pembersihan korupsi sejak berkuasa pada 2015, berjanji untuk memulangkan sejumlah uang yang telah dicuri selama bertahun-tahun.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/05/11164381/swiss-siap-repatriasi-dana-hasil-korupsi-mantan-diktator-nigeria

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke