Salin Artikel

Bentrokan Pecah di Yaman, Gedung Kedubes Iran Terbakar

Kedubes itu terletak di dekat dengan istana kepresidenan dan dekat dengan kediaman salah satu putra Saleh, di barat daya Sanaa.

Dilansir dari Xinhua, api meluas ketika kedutaan diserang dengan senjata berat, dengan 20 staf kedutaan yang terjebak di dalam gedung tersebut.

Sebanyak lebih 100 mayat terlihat memenuhi jalanan menuju kompleks diplomatik di area Hadda.

Seorang pejabat dari Houthi mengatakan, setidaknya 200 orang militan dari kedua pihak yang bertikai telah terbunuh, dan masih banyak lagi orang yang terluka dalam bentrokan di dekat kedutaan besar Iran itu.

Kedubes tersebut berada di dataran tinggi yang dikuasai oleh pemberontak Houthi yang didukung Iran, di mana koalisi pimpinan arab Saudi melancarkan serangan udara sebanyak lima kali pada Sabtu (2/12/2017) tengah malam waktu setempat.

Saluran televisi Al Arabiya di Saudi melaporkan koalisi tersebut telah menyerang dataran tinggi untuk mendukung pasukan loyalis Saleh, yang memerangi kelompok Houthi di Sanaa.

Pemimpin Houthi, Abdul Malek Al Houthi, menuduh Saleh telah mengkhianati dan bersumpah untuk terus berjuang melawan koalisi pimpinan Saudi.

Bentrokan pada Minggu (3/12/2017) berkecamuk selama berjam-jam, setelah kelompok Houthi mengklaim telah melepaskan rudal jelajah jarak jaug ke reaktor nuklir Barakah, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Rudal tersebut mencapai sasaran secara akurat di Abu Dhabi," kata seorang perwira militer Houthi.

Namun, UEA menyangkal klaim Houthi, dan menyatakan negaranya aman dari serangan rudal.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/04/08263341/bentrokan-pecah-di-yaman-gedung-kedubes-iran-terbakar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke