Salin Artikel

China Ancam Akhiri Program Pertukaran Pelajar dengan Korea Utara

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China tengah mempertimbangkan untuk memanggil kembali seluruh warganya yang sedang menuntut ilmu di Korea Utara.

China juga mengancam menghentikan kerja sama antar-pemerintah dalam pertukaran pelajar yang telah terjalin hampir selama 20 tahun.

Langkah tersebut dikatakan mungkin diambil jika Korea Utara terus melakukan uji coba peluncuran nuklir. Demikian disampaikan sumber resmi di Beijing.

Li Gang, seorang pejabat yang mengawasi program pertukaran pelajar di Badan Beasiswa China mengatakan, sekitar 60 pelajar China yang tengah mempelajari bahasa di Korea Utara akan pulang dalam waktu dekat.

Namun, Li Gang membantah kepulangan para pelajarnya itu berkaitan dengan uji coba misil balistik yang dilakukan Pyongyang baru-baru ini.

Dikatakannya, para pelajar tersebut kembali ke China karena telah menyelesaikan program pertukaran selama tujuh bulan.

Program pertukaran pelajar antara China dengan Korea Utara telah terlaksana tanpa mengalami gangguan sejak tahun 2000. Namun hal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Badan Beasiswa yang mengelola pendanaan pemerintah untuk pelajar China di luar negeri maupun sebaliknya, telah menerima penjelasan terkait Korea Utara dari Badan Intelijen China.

"Kami diberitahu tentang uji coba misil yang dilakukan Korea Utara dan kami merasa prihatin," kata Li dikutip dari SCMP.

Li menambahkah, para pelajarnya yang masih berada di Korea Utara akan termasuk dalam orang-orang yang dievakuasi jika risiko perang di Semenanjung Korea terus meningkat.

"Jika penilaian intelijen menunjukkan risiko konflik militer yang tinggi, kami akan segera menghubungi kedutaan di Pyongyang dan meminta mereka segera membawa siswa kami keluar dari negara tersebut," tambah dia.

https://internasional.kompas.com/read/2017/12/01/18322391/china-ancam-akhiri-program-pertukaran-pelajar-dengan-korea-utara

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.